Watch out for The Fake OPI Nail Polish!

I'm a huge fan of nail polish, and as a nail polish fan, who doesn't love OPI Nail Polish? But hey, watchout for the fake OPI!

Saya heran sekaligus tercengang, melihat banyaknya orang yang melakukan pemalsuan produk khususnya produk kecantikan. Produk palsu tentu saja tidak mempunyai benefit yang sama seperti produk aslinya. Justru, pemakaian produk palsu biasanya akan berdampak buruk bagi si pemakai.

Bagi pecinta OPI, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan online shop yang membuka lapaknya di facebook maupun website lainnya. Dan mereka menjual kuteks OPI dengan harga yang lebih murah daripada di counter resmi OPI. Menggiurkan memang, tetapi hati-hati akan OPI palsu!


Berikut ini tips-tips cara membedakan kuteks OPI asli dan palsu:

1. BE SMART
OPI di Amerika dijual dengan kisaran harga USD.8.50 - USD.10.00.
Di Indonesia nail polish OPI dijual resmi mulai Rp.125.000 - Rp.180.000/botol. Jadi bila kamu bisa membeli OPI eceran dengan harga dibawah Rp.90.000 (40% dibawah harga normal) - PATUT DIPERTANYAKAN. Apakah OPI tersebut ASLI? Be Smart - Dengan harga segitu seller masih harus mengambil keuntungan penjualan serta menanggung ongkos kirim USA - Indonesia.

2. BE CAREFUL
Seller tidak sebodoh yang kita bayangkan. Mereka belajar dari pengalaman. Karena banyak pembeli yang bertanya kepada seller “OPI asli koq murah sih?” Ada seller nakal yang menjual OPI palsu dengan harga mahal. Dengan modal misalnya Rp.50.000. Seller akan menjual OPI dengan kisaran harga Rp.80.000 - Rp.100.000 kepada reseller. Para reseller OPI palsu ini kemudian menjual lagi dengan harga Rp.120.000 - Rp.150.000 mendekati harga OPI asli. Dengan harga mahal mereka berpikir bisa menyamarkan OPI palsu menjadi asli.


Lihat tutup botol OPI. Tutup botol pada OPI asli, pada bagian batang huruf 'P' terdapat lubang.


APABILA SYARAT DIATAS TIDAK TERPENUHI, OPI TERSEBUT PALSU. TIDAK PERLU MELAKUKAN PENGECEKAN LAGI.



OPI asli memiliki stiker dibawah botol. Pada stiker tersebut tertulis judul warna. OPI selalu menggunakan judul yang berbeda di setiap warna. Jadi bila Anda membeli 3 botol OPI warna yang berbeda dan menemukan judul yang sama dibawah botol. Berarti OPI tersebut palsu. Tidak peduli Anda membeli dengan harga Rp.50.000 atau Rp.180.000.
Foto di atas kanan adalah sample OPI palsu. Pada stiker terlihat judul “That’s Berry Daring” - warna That’s Berry Daring yang betul adalah pink-merah bukan hijau. Untuk mengecek judul OPI dan warna seharusnya lihat di www.opi.comatau search disini GoogleImages. Di www.google.com bagian images ada ratusan foto dari para penggemar OPI di seluruh dunia.




Tutup botol OPI palsu (kiri) tampak lebih tipis dari tutup OPI asli. Selain itu dari segi texture bila dipegang tutup OPI palsu terbuat dari plastik. Sedangkan tutup OPI asli terbuat dari lapisan karet dan tidak licin bila dipegang. Tutup botol OPI asli lebih berat daripada tutup botol OPI palsu.



Bila dilihat dengan cermat, botol OPI palsu tampak sedikit lebih kurus, tinggi, dan lebih ringan. Terkadang ditemukan penempatan tulisan yang berbeda / miring, atau salah ketik.





Kuas OPI yang asli memiliki emboss logo pada batangnya. Teteapi hati-hati, sudah banyak OPI palsu yang mempunyai logo emboss juga pada batang kuas, walaupun sedikit kasar. Jadi, tetap berhati-hatilah!


Apabila kamu ragu:


1. Beli lah 1 botol OPI dari counter resmi OPI atau Sogo
Walaupun membeli OPI dari counter resmi lebih mahal. Namun sangat berguna bagi orang awam. Terutama bagi Anda yang belum pernah memakai OPI. Dengan membeli OPi di counter resmi maka Anda akan mengetahui dan memiliki panduan bagaimana kualitas OPI seharusnya.
2. OPI tidak menjual barang sisa pabrik
Bila seller meng-claim dengan mengatakan:
OPI ASLI tapi tidak lolos QC / sisa pabrik / sisa export
OPI ASLI tapi ada cacat dari pabrik
OPI ASLI KW
OPI dari Thailand / Korea / Jepang harga murah karena sedang expo.
Saya sudah mengkonfirmasikan dengan pihak OPI Indonesia dan USA, dan mereka mengatakan bahwa OPI tidak pernah me-release produk yang tidak lolos QC ataupun sisa pabrik/sisa export di pasaran. Produk tidak lolos QC memiliki kandungan / ingredients yang tidak semestinya dan tidak layak untuk konsumen maka langsung dihancurkan (destroy). DAN OPI tidak pernah mengadakan expo. Saya rasa produk ternama seperti OPI tidak perlu mengadakan expo karena semua orang sudah tau.
3. Apabila membeli OPI via ONLINE:
Tanyakan kepada seller, apakah mereka menjamin kalau produk OPI tersebut 100% asli. Apakah mereka mau memberikan retur apabila ternyata terbukti bahwa OPI tersebut tidak asli. HATI HATI dengan seller yang hanya memiliki website / facebook / online shop tanpa disertai toko / tempat usaha resmi. Apalagi seller tanpa identitas yang jelas seperti nama lengkap, alamat rumah, dan nomer telpon rumah / tempat tinggal. Karena pembelian produk OPI biasanya melibatkan uang jumlah besar. Online shop yang benar bersedia memberikan soft copy KTP kepada pembeli.

Info seputar OPI bagi expert/pemilik salon:
Bagi ekspert, biasanya hanya dengan 1x merek bisa mengetahui apakah OPI tersebut asli atau palsu. Biasanya perbedaan itu terlihat dari kualitas tekstur cat, bau kuteks, dan model kuas. Kuas OPI asli telah dipatenkan di USA dan telah di-approved. Selain itu OPI palsu bila dioles di kuku kadang terlihat berbuih. Setelah dioles selama lebih dari 24 jam susah dibersihkan menggunakan remover.

International news from OPI
China telah melakukan pemalsuan produk OPI sejak tahun 2004, agar harga jual lebih murah. Pabrik kutek mengakali dengan ingredient 70% nail polish dan 30% campuran cat biasa dengan tambahan toluene & DBP. Fungsi toluene agar warna bisa pekat namun tidak kental. Warna kutek fake OPI / OPI palsu sangat melekat di kuku. Tidak bisa dihapus bersih dengan nail remover terutama warna gelap hitam, merah, dan ungu. Walau digosok dengan kuat, fake OPI tetap meninggalkan bekas warna di kuku. Ini adalah effect zat kimia DBP. *Toluene & DBP adalah zat kimia berbahaya pemicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

**Artikel dan foto bersumber dari


Comments

  1. Thx for the info...sangat bermanfaat sekali buat membedakan OPI palsu dan asli. Abis udah sering banget nemuin seller online yg berdasarkan teori nya suka menyamarkan OPI palsu jd OPI asli. Semoga artikel ini bisa membantu buat yg lain ^^

    ReplyDelete
  2. makasih banget info nya.

    sangat membantu :)

    ReplyDelete
  3. nice info :) makasih loh dgn ini saya jadi hati2 kalo mau beli nail polish online

    ReplyDelete
  4. kalo menurut sista, onlineshop opi yang terpercaya dimana ya?

    ReplyDelete
  5. thanks a lot for info...soalnya saya reseller jg...bahaya kalo jual opi nya pelsong... :D

    ReplyDelete
  6. thankyou infonya manfaat banget syg :D

    ReplyDelete
  7. waaah...makasih ya..untung aku baca,padahal aku mau beli :P

    ReplyDelete
  8. thx banget yah buat info nya, sangat bermanfaat ;)

    ReplyDelete
  9. klo opi nya paketan trus harganya 300.000 isi 10 asli ato palsu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti 1 botol harganya 30rb ya :) beda jauh sama harga opi original, hehe

      Delete
  10. problemnya adalah banyak pemulung yg ambil botol ex opi, nah susah tuh bedakannya
    lah kemasannya udah pasti asli,isinya yg palsu
    mungkin beli di counter adalah jalan terbaik

    ReplyDelete
  11. OPI mini yg asli tuhcuma dijual sepaket isi 4 sesuai tema dr rangkaian, misalnya pirates, ballerina, dll.... Gak ada OPI mini asli yg dijual sepaket isi 10..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada! sekarang ada OPI mini series yang best of best isi nya 10 botol

      Delete
  12. Tidak semua opi murah adalah palsu. Seperti kita ketahui awal2 peluncuran opi, bagian label bawah botol tidak terdapat barcode, sedangkan sekarang ada barcode dan label menjadi 2 lapis bila anda mencoba unt membuka label bawah. Semakin banyak kita membeli, harga tentu semakin murah. Juga yangterpenting barcode di badan botol dengan bagian bawah botol sama. Bahkan sekarang ada barcode di tutup botol. Dan juga ada mini OPi 1 paket isi 10 yaitu MINI BEST OF BEST.

    ReplyDelete
  13. Maaf, koreksi.... iya ada OPI mini Best of The Best isi 10... ati2 OPI mini yang palsu yang suka dijual via BBM yang lusinan, isi 12 atau 24.. Hope that help!
    Thanks for the info! Yang punya info tambahan boleh komentarnyaaa ;)

    ReplyDelete
  14. nice info na sis..ijin comot yah.. :D

    ReplyDelete
  15. Buat yg cari kutek original dan ready stock
    visit www.ratukutek.com
    ada OPI, Inglot, Ruby Wing, Ciate, Orly, China Glaze, Zoya, dll

    ReplyDelete
  16. Kalo ada OPI mini sepaket isinya 24 botol trus harganya 140rb itu palsu ya?

    ReplyDelete
  17. Wahhh, baru tau info ini benerannn, makasih ya Agness! Infonya berguna banget Sist. Makanya US mangkel ma China yahh, banyak barangnya yg dipalsu. Hehehe (intermezzo soal china n US)

    ReplyDelete

Post a Comment