My First Japan Trip

Awal tahun ini aku menulist wishlist di agenda, 2018 mau pergi ke Jepang! Memang ya kalo punya keinginan itu harus ditulis atau diucapkan, biar kesampaian... Thank God akhir Mei kemarin aku berkesempatan untuk pergi ke Jepang berlima bareng Febrian, Sarah Azka, Aris, dan Kadek Arini! Ini pertama kalinya aku ke Jepang jadi belum ada gambaran kayak apa disana dan harus ngapain, selama ini cuma lihat dari foto orang aja. Untungnya Aris, Febrian, dan Kadek tuh udah sering ke Jepang jadi tahu harus kemana aja, dan kita terbantu banget sama sebuah aplikasi!

Sebelum trip pasti yang harus disiapin adalah tiket pesawat, visa, tiket masuk atraksi, dan yang terpenting kalau ke Jepang harus beli untuk transport disana seperti JR Pass dan Japan Subway Ticket. Intinya Japan Rail Pass ini dipakai untuk naik kereta antar kota seperti Tokyo ke Osaka atau Osaka ke Kyoto, aku baru tau juga kalau beli tiketnya satuan tuh mahal banget! Sekali jalan bisa 1,5 juta, makanya mending beli JR Pass (aku beli yang untuk 7 hari 3,6juta). Untuk kereta dalam kota Tokyo belinya yang Subway Ticket (72jam), untuk dalam Osaka bisa beli yang Osaka Amazing Pass atau ICOCA card.

Nah aku menemukan sebuah aplikasi namanya Klook (ada di App Store dan Google Play) yang memudahkan banget beli-beli tiket atraksi, JR Pass, bahkan simcard Jepang. By the way di Klook ini pilihan negaranya banyak enggak cuma Jepang, dan travelling jadi lebih simple kalau udah booking atau beli duluan via Klook:
  • Cuma lewat 1 aplikasi udah bisa beli macem-macem mulai dari tiket aquarium sampai simcard!
  • Bisa plan mau ngapain aja, disesuaikan sama budget, dan bahkan beli di Klook seringnya lebih murah, jadi pas ditempat tujuan udah tinggal keluar uang buat jajan aja
  • Bisa skip antrian apalagi ke tempat yang ramai turis
  • Karena bentuknya digital, jadi lebih mudah enggak perlu print!

*Notes: setelah pembelian JR Pass melalui Klook nanti vouchernya akan dikirimkan langsung ke alamat kamu dalam 7 hari kerja (khusus di kota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)

Itu tadi persiapan aku sebelum berangkat ke Jepang, kalau selama di Jepang ngapain dan kemana aja nih aku ceritain yaa:

DAY 1 - Tokyo (Shinjuku)

Begitu sampai di airport, kita langsung tuker tiket elektronik dari aplikasi KLOOK untuk JR Pass, subway ticket, dan simcard.

Lanjut naik train ke Airbnb kita di daerah Shinjuku, dan sempat nyasar segala gara-gara salah kereta! Tapi kita enjoy aja deh sambil narik koper kemana-mana, pokoknya asalkan bersama enggak ada deh namanya bad mood. Pas sampai Airbnb kita nice banget, tapi enggak ada waktu leyeh-leyeh karena udah booking Robot Restaurant sore harinya. Ini foto kita di depan Robot Restaurant, so colorful ya!

Booking attraction Robot Restaurant di Klook gampang, pas sampai disana kita tinggal tunjukin kode booking aja, tukar tiket, dan langsung masuk tanpa antri seperti turis lainnya. Atraksinya menurutku seru dan very creative! *sampai mikir kok orang Jepang kepikiran untuk bikin show kayak gitu yaa* Selesai nonton Robot Restaurant, kita jalan-jalan di area Shinjuku aja yang dekat sama Airbnb. Cuaca sore itu bagus banget, di Jepang akhir Mei lagi peralihan spring ke summer jadi suhunya antara 16-25º celcius kayak di Lembang bandung gitu deh.

Jalan sore di Shinjuku, itu matanya lagi ngeliat toko tas :D

Hmm, helloo drugstore skincare heaven!

Daerah Shinjuku banyaaak banget toko tas branded secondhand dan drugstore, aduh baru hari pertama udah hampir belanja banyak! Skincare di drugstore banyaaak banget yang menarik, nanti aku share di blogpost terpisah ya...

DAY 2 - Yamanashi Perfecture (Kawaguchiko) & Tokyo (Shibuya)
Hari ini kita pergi ke Kawaguchi Lake untuk melihat Gunung Fuji. So excited!! Selama ini cuma liat di foto orang aja udah cantik banget.... Pas liat aslinya, waaahh sebagus itu! Untuk menuju kesini naik Limited Express train (covered by JR Pass), dilanjutkan local train sampai ke Kawaguchiko Station, setelah itu beli bus pass untuk keliling area Kawaguchi Lake seharga ¥1500 (bisa untuk 2 hari). Nah spot foto yang kita pilih ini enggak mainstream jadi sepi banget, kalo area yang biasa pasti penuh banget turis. Pokoknya pas lagi naik bus, turun aja di tengah jalan gini cari yang ada banyak perahu.

Malemnya kita ke Shibuya dan dinner ENAK BANGET, Gyukatsu Motomura yang antrinya 1,5 jam! Wah gila sih ya gimana enggak antri orang di dalem cuma ada 9 seat... Ini nih bentukannya Gyukatsu Motomura, daging sapi yang super melt di mulut, dilapisi tepung kayak katsu:

Selama ini cuma liat dari IG stories orang, pas coba langsung beneran enak

Enggak lupa foto mandatori di Hachiko Statue dan Shibuya crossing yang terkenal banget itu. Beneran penuh dan hectic di Shibuya crossing, karena persimpangan disini ada 5 dan ketika lampunya merah semua menyeberang secara bersamaan.

Rame banget ini persimpangan Shibuya!

DAY 3 - Tokyo
Hari ketiga, tujuan pertama kita adalah ke Sensoji Temple Asakusa. Temple-nya gede banget dan banyak, hari itu juga penuh banget sama turis. Sempet iseng cobain yang kocok ramalan, tapi hasilnya kurang baik jadi yaudah deh kertasnya harus digantungin disana dan jangan dibawa pulang.

Saking ramenya di Sensoji Temple, mau foto ga keliatan orang lain tuh susah banget

Kocok..kocok.. eh yang keluar ramalan buruk, kezel

Malamnya kita ke Tokyo Tower, wajib lah kalo ke Jepang harus kesini biar pernah aja gitu. Jadi dari area Sensoji Temple tadi kita naik subway (pakai Subway Ticket) ke Daimon Station dekat Tokyo Tower.

Pas di Indonesia udah booking juga via aplikasi Klook nih, masuk ke Tokyo Tower biayanya sekitar 51ribu. Antriannya panjang banget, thank God udah booking duluan jadi tinggal tukar kode booking dengan tiket masuk aja enggak pakai antri. Kita naik ke Tokyo Tower untuk melihat pemandangan Tokyo citylights, dan saran aku sempetin foto deh di terowongan depan Tokyo Tower yang terkenal gara-gara @taramilktea, cakep banget!

Oryza Bubble Tea foto di terowongan depan Tokyo Tower, biar kayak Tara Milk Tea

Karena udah kelaparan di Tokyo Tower, pulang dari sana kita dinner di Gyukatsu Motomura (lagi) karena saking enaknya, dan setelah itu aku cobain jajanan cake bentuk ikan isinya custard vanila yang SUPER ENAK namanya Taiyaki. Harus coba!!

Si ikan isi custard super enak, apalagi kalo dimakan pas masih anget!

DAY 4 - Osaka
Hari keempat kita naik shinkansen dari Tokyo menuju Osaka. Amazed banget kereta shinkansen ini kecepatannya 230km/jam, cepet banget tapi hening gak ada suara. Perjalanan Tokyo ke Osaka harusnya sekitar 6 jam tuh (kayak Bandung-Jogja) tapi naik shinkansen jadi 3 jam aja! Nah selama di shinkansen aku bawa bekel untuk makan siang, bisa beli bento di station sih enak banget tapi agak mahal harganya jadi aku beli di 7 Eleven dan rasanya juga enggak kalah enak.

Osaka kotanya beda banget dari Tokyo, enggak sebersih Tokyo tapi orang-orangnya lebih chill gitu lho enggak jalan terlalu cepet dan hectic. Selesai check in di Airbnb Osaka, kita segera menuju Osaka Aquarium! Ini dia yang ditunggu-tunggu karena mau liat whale shark dan ikan mola-mola (yang kabarnya cuma ada di Osaka Aquarium). Eitss sebelum masuk Osaka Aquarium jangan lupa jajan es krim Milky dulu deh yang terkenal banget itu. Sempet jajan dulu karena enggak antri lagi, kan tiketnya udah beli via Klook.

Makan es krim Milky yang terkenal itu

Sarah terharu liat ikan Mola-Mola

Jellyfish world

OMG that whale shark is huuugee!

Liat whaleshark secara langsung rasanya gimanaa gitu, merinding! Semoga suatu hari bisa berenang bareng di laut. Malemnya kita jalan-jalan dan makan di Dotonbori Street, buset deh disini banyak banget jajanan dan tempat belanja... Biar sah sebagai turis, kita makan takoyaki di bawah TV Glico yang terkenal itu.

Beli satu porsi dimakan bertiga, biar bisa jajan yang lain

DAY 5 - Kyoto
Excited sekali hari ini kita ke Kyoto untuk explore daerah yang tradisional Jepang banget, dengan memakai kimono! Wah kalau enggak ada Klook sih aku bingung harus sewa kemana, jadi aku search aja di aplikasi 'One Day Kimono Rental' dai Kyoto lalu nemu deh nama tempat sewanya Yumeyukata. Pas di aplikasi Klook udah lengkap submit ukuran dan paketnya aku pilih yang murah seharga 300ribuan, aman deh pas sampai sana tinggal fitting.

Berasa cantik deh pake kimono, jalannya harus langkah kecil karena lumayan rapet dan daerah perut iketannya kenceeeng banget jadi ga bisa makan banyak. Nah karena yang aku pilih harga sewa yang murah jadi rambut digelung sendiri, kalau pilih paket yang lebih mahal bisa sekalian dapet hairdo juga.

Setelah pakai kimono kita menuju ke Fushimi Inari -Taisha, tempatnya luas banget dan banyak spot foto yang bagus. Memang kalau mau foto disini harus sabar karena orang lewat terus, kalau mau yang sepi harus lebih effort untuk naik sampai ke ujung.

Hmm Febrian udah pake kimono tapi masih banyak gerak

Biasanya personality kelihatan dari pemilihan warna kimono, iya gak?

Selesai keliling Fushimi Inari kita udah enggak betah pakai kimono lebih lama lagi karena mau ke Arashiyama Bamboo Groove dan batas kembaliin kimono tuh jam 6 sore, jadi daripada buru-buru kita ganti baju dulu. Arashiyama Bamboo Groove alias hutan bambu menurutku bagus banget. Suasananya sangat relaxing walaupun disini ramai, dan area perumahan sekitar Arashiyama ini mirip yang ada di film Doraemon. Berasa banget Jepang-nya!

DAY 6 - Osaka
Hari ini full day main di Universal Studios Japan™! Thank God kita udah beli Universal Express™ Pass via Klook, ternyata harganya masih resonable daripada harus antri kelamaan. Padahal hari itu bukan peak season tapi Universal Studios Japan™ rame banget dan untuk popular rides antriannya bisa sampai 2 jam. Rides yang wajib dikunjungi:
  • Despicable Me Minion Mayhem
  • The Flying Dinasour
  • Harry Potter and the Forbidden Journey™
  • The Amazing Adventures of Spider Man - The Ride 4K3D

Jadi kalau mau tanpa antri di Universal Studios Japan™, belinya: 1 Day Studio Pass + Universal Express™ Pass (macem-macem ada yang Universal Express™ Pass 4 dan Universal Express™ Pass 7, disesuaikan aja sama budget).

Begitu masuk kita langsung menuju Minion Park, gemas banget! Kalian harus coba wahana 4D Minion Mayhem, rasanya kayak jadi Minion beneran. Naah jangan lupa cobain jajan banana caramel popcorn, bisa pilih bucket popcorn Minion juga lho.

Se-happy itu masuk Minion World

Bucket popcorn Minion super gemes!

I'm a big fan of Harry Potter, jadi paling berkesan pas masuk ke Harry Potter World. OMG mau nangis! Setting tempatnya mirip banget kayak di film, ada pertokoan di Diagon Alley sampai Hogwarts. Wajib masuk ke wahana Harry Potter and the Forbidden Journey™ yang letaknya ada di dalam Hogwats, it's super amazing!! Selain itu kalian juga bisa cobain beberapa titik yang bisa latihan magic spell. Aku cobain water-making spell "Aguamenti", berhasil setelah beberapa kali latihan!

Liat Hogwarts rasanya kayak mimpi

Yas I did it! Bakal jadi wizard soon...

Wajib cobain Butterbeer, non-alcohol

Selesai main wahana kita dinner di HAPPINESS Café®, disana pesan Minion Burger yang gemes banget. Sebelum pulang, jangan lupa buat mampir ke souvenir shop Universal Studios Japan™  Souvenirnya lengkaaap banget, aku paling suka di section Harry Potter™, bisa beli magic wand, chocolate frog, sampai Hogwarts uniform.

Liat dari depan aja udah happy!

Hmm enggak tega makannya...

Magic wand apapun ada disini

Eh ada souvenir Sailormoon juga!

Oh iya, Universal Spectacle Night Parade ada lagi lho, must-watch kalau datang kesana!

*HARRY POTTER characters, names and related indicia are © & TM Warner Bros. Entertainment Inc. Harry Potter Publishing Rights © JKR.(s17) Despicable Me, Minion Made and all related marks and characters are trademarks and copyrights of Universal Studios. licensed by Universal Studios Licensing LLC. All Rights Reserved.
TM & © Universal Studios & Amblin Entertainment. TRANSFORMERS and all related characters are trademarks of Hasbro and are used with permission. © 2017 Hasbro. All Rights Reserved. Licensed by Hasbro.

Day 7 - Tokyo (Ginza)
Hari terakhir di Jepang kita balik lagi ke Tokyo dan agak chill setelah berhari-hari full kegiatan. Bolak-balik antar kota di Jepang enggak masalah kalau udah pakai JR Pass! Hemat banget apalagi aku pakai JR Pass untuk Tokyo-Osaka-Kyoto-Osaka-Tokyo. Nah kalau beli satuan kebayang enggak berapa totalnya? Perjalanan dari Tokyo-Osaka pulang pergi aja bisa sampai IDR 3.600.000,- , ini aku purchase JR Pass di Klook + fee pengiriman cuma IDR 3.652.000,- bisa untuk 7 hari.

Hari ini kita jalan-jalan ke Tsukiji Fish Market, jajan strawberry mochi yang terkenal padahal rasanya biasa aja lho :p Sisanya menghabiskan waktu di daerah Ginza, banyak lihat toko dan shopping, makan ramen Ichiran yang JUARA BANGET rasanya, dan kembali hunting Cola Peach (cuma ada di Jepang) karena aku suka banget.

Ah senang sekali bisa ke Jepang, salah satu negara yang berkesan buatku! Semoga nanti bisa kembali lagi dan explore daerah lainnya... Menurut kamu tempat di Jepang mana lagi ya yang harus aku datengin?

With love,

Agnes Oryza

Comments

1. suka itenarary-nya.. jadi tambah pengen ke jepang

ReplyDelete
  2. wah jadi ingin deh pergi ke jepang :)

3. Bagus kak agnes. Jadi nambah pingin ke sana hahaha. Ku baca dari awal sampai abis gak bosen padahal aku sering skip kalo ceritanya panjang. Ke daerah bunga matahari gitu kak saran aja hehe kalo di google sih bahus gambarnya.

4. Next time coba ke daerah Hakone..karena tempatnya really2 relaxing dan daerah pegunungan gitu. Daaaan....ada Little Prince Museum loh, yang tempatnya ngga terlalu ramai karena banyak orang yang ngga tau kaya nya :)

ReplyDelete
  5. Jepang salaha stu tempat yang ingin aku kunjungi loh..