Hello 2020

Oohh.... Time flies so fast!! 2019 untuk aku berjalan sangat sangat cepat, bahkan sekarang udah tanggal 19 Januari aja aku enggak sadar. Rasanya dunia ini bergerak semakin cepat.... Aku mau cerita sedikit, 2019 buatku sungguh luar biasa. Banyak sekali hal yang terjadi diluar rencanaku namun hasilnya lebih baik. Bisa kesampaian Europe trip bareng teman-teman tersayang, launching Nestalgia, bisa bekerja sama dengan brand-brand besar, bertemu banyak orang baru yang membawa angin segar dalam hidupku, last but not least... I have my own team! God is great!! Banyak juga hal yang membuat hati rasanya teriris-iris, tapi berkat hal itu aku merasa semakin kuat, dewasa, dan bijaksana. Ternyata benar kalau berserah pada Tuhan rasanya hati ini lebih damai, 2019 buatku belajar untuk hidup tidak ngotot. 



Setiap tahun aku selalu share resolusi tahun baru di blog (resolusi 2018, 2019), sebenarnya supaya aku sendiri bisa mudah mengakses dan di akhir tahun selalu mengecek apakah sudah terlaksana atau belum. Dan hal wajib di awal tahun yang selalu dilakukan, juga pernah aku share di sini. Siapin buku agenda dan jurnal baru, bersih-bersih kamar, dll. Busy January! Nah resolusi aku di tahun 2020 adalah:

1. Limit my gadget time
Distraksi paling susah ditolak adalah melihat handphone. Ya kerjaanku memang di social media, tapi kalau seharian scrolling Instagram gak jelas dan cuma nonton video Youtube doang banyak banget hal lain yang terbengkalai. Handphone juga yang membuat jam tidurku berantakan, jadi anggapannya susah tidur ya padahal asik liat handphone aja sampai larut malam! Mataku juga jadi gampang lelah karena terlalu banyak kena radiasi layar. Nah makanya penting bangeett buat membatasi gadget time. setelah bangun tidur, usahakan minimal 1 jam tidak langsung melihat handphone. Lebih baik berdoa, minum wheatgrass shot, dan sarapan. Baru deh setelah itu cek-cek HP. Satu jam sebelum tidur juga sebaiknya HP sudah dijauhkan supaya tangan enggak 'gatal' mau ambil. Fokus aja untuk relaks, dan gunakan waktu untuk membaca atau membuat to-do list untuk keesokan harinya.

2. Finish at least 1 book per month
Masih berkaitan dengan membaca sebelum tidur tadi, karena goalsku tahun ini adalah membereskan baca minimal 1 buku per bulan. Siapa di sini yang sering beli buku tapi enggak ada yang diselesaikan bacanya dan akhirnya cuma numpuk? In my case rajin beli buku di Kindle tapi yang selesai kebaca hanya sedikit. Padahal membaca itu penting banget, selain memperkaya ilmu, juga memperkaya vocabulary dan tata bahasa kita.

3. Work consistency
Resolusi 2019 yang aku ulangi di tahun ini, karena banyak banget hal yang masih missed dalam urusan pekerjaan di tahun lalu. Ya itu, kurang konsisten. Ini aja blog udah terbengkalai lamaaa banget, sad! Tahun ini harus belajar lebih konsisten lagi, mencoba untuk lebih rajin update konten di blog (karena blog adalah platform pertama aku dari 2009), Youtube, dan Instagram. Tentunya selain konsisten, konten yang dibuat juga harus punya value. Nah supaya terlaksana harus direncanakan dan bisa mengatur waktu dengan baik, makanya to-do list aku di buku agenda tahun ini semakin detail dan dibuat dengan timeframe yang make sense.

4. Workout 3 hours per week
Tahun kemarin badanku sering kerasa aneh, terutama area dada sering terasa kurang nyaman. Pas cek ke dokter, katanya ini dipengaruhi ketidakseimbangan hormon. Nah untuk mengatasinya olahragaku per minggu at least harus 3 jam. Wah selama ini sih aku juga olahraga tapi kurang banget, enggak sampai 3 jam per minggu. Jadi tahun ini supaya terpenuhi, aku lagi suka banget ikut kelas bikram yoga (1,5 jam per sesi) dan harus lebih rajin lari atau berenang aja di apartment. Karena sehat itu perlu usaha :D

5. Smart shopping
Dari pertengahan tahun kemarin aku udah sadar ini, karena di apartment tipe studioku yang kecil ini barang-barangnya udah menumpuk banget! As a blogger aku bersyukur sekali mendapat banyak privillege dikirimin produk dari berbagai brand, nah makanya aku harus lebih wise untuk tidak membeli barang yang sudah ada di apartment. Misalkan product beauty, kalau enggak butuh banget ya pakai aja yang udah ada tanpa harus membeli baru. Untuk urusan fashion, kalaupun beli adalah fashion item yang long lasting atau beli untuk support local brand. No more belanja kalap apalagi kalau sale di mall. Urusan jajan juga harus seimbang, sebisa mungkin belanja bahan masakan dan masak sendiri di apartment. Jajan di luar kalau lagi kumpul sama teman aja atau ada urusan meeting. Penghematan jadi lumayan banget, buat nabung hari tua, nambahin budget travelling atau membeli my dream bag since teenager!


Semoga tahun 2020 membawa berkat bagi kalian semua, thank you so much untuk selalu setia dan support aku....



With love,

Agnes Oryza

Comments

  1. Inspiratif dan bisa jadi panutan buat teman2 yang hidupnya mau berakhir kalau tidak memegang HP, membaca menjadi hal yang paling asing bagi kaum muda saat ini, semoga bisa dilaksanakan 👍🏻

    ReplyDelete

Post a Comment