Friday, January 13, 2017

Things To Do on January 2017

Sudah 2 minggu berlalu sejak tahun baru, which means harusnya segala strategi dan resolusi untuk 2017 ini sudah mulai dijalankan dong yaaa? Nah kalau belum, 'mumpung' masih di bulan Januari nih.... belum terlambat kok untuk memulai resolusi demi tahun 2017 yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Mau hidup lebih sehat, karier lancar, ingin lebih banyak travelling, kulit lebih kinclong, dan sebagainya. Buatku apapun resolusinya, hal-hal berikut ini wajib banget dilakukan di awal tahun supaya kita bisa memulai 2017 dengan lebih smooth:



1. Get a new planner or journal
Aku tipikal orang yang harus menulis segala bentuk rencana, jadwal, dan ide supaya enggak gampang lupa. Walaupun udah ada teknologi gadget tapi tetap aja kalau belum ditulis tangan belum afdol. Setiap awal tahun punya planner book atau journal baru jadi hal yang wajib, rasanya kayak buka lembaran baru! Itu lho buku yang di dalamnya ada tabel-tabel monthly atau weekly, definitely can't live without pokoknya. Biasanya aku mencatat segala resolusi dan bentuk 'action'nya supaya bisa tercapai, misalkan ingin hidup lebih sehat ya aku input jadwal olahraga setiap minggunya, atau bisa juga meal plan supaya makan tetap terjaga. Getting organised is the key!

2. Declutter your space
Bulan ini jadi momen yang tepat untuk beres-beres ruangan, terutama personal space. Kalau di apartmentku, kamar, working space, dan dapur itu satu ruangan jadi kondisi yang bersih dan rapi sangat-sangat penting! Kalau ruangan berantakan, percayalah kita jadi less-productive karena lagi kerja atau leyeh-leyeh istirahat malah enggak fokus liat tumpukan barang berantakan. Apalagi yang kerjanya dari rumah, wah harus banget sempatkan waktu untuk bersih-bersih. Selain membersihkan biasanya aku mengatur ulang beberapa posisi interior dan dekorasi supaya lebih fresh.

3. Gadget cleaning
Setelah ruangan yang diberesin, hal yang sering terlupakan adalah 'membersihkan' gadget seperti handphone dan laptop. Ada 10ribu foto di gallery? Chat menumpuk? Folder penuh? Sering nyinyir karena follow orang yang enggak disuka? Nah sekarang saatnya untuk re-organized! Foto di gallery handphone yang enggak penting dihapus aja, dan foto penting dari tahun entah kapan bisa dipindahkan ke hardisk supaya lebih lega space memory-nya. Folder di laptop disortir, disusun ulang, dan di back up. Juga segala social media perlu ditinjau ulang terutama soal following orang lain. Guys, 2017 ini saatnya DO THINGS THAT MAKES YOU HAPPY, eliminate segala energi negatif because you don't need it! Buat apa follow orang yang tiap dia ngepost cuma bikin kita nyinyir? Atau isi socmednya selfie doang? Aku baru aja go through akun-akun socmed yang udah difollow, dan so far minggu lalu udah unfollow 20 akun yang enggak terlalu penting.

4. Get some inspiration (read motivational books, watch good movies)
Bentuk cari inspirasi yang paling ampuh buatku di awal tahun ini adalah membaca, simply because I love reading dan banyak banget buku bagus yang bisa di-eksplore. Selain informasi yang didapat lebih mendalam, dengan membaca buku aku lebih mudah ketika akan menulis karena vocabulary atau kosakata yang dimiliki semakin banyak. Buku favorit awal tahun ini: Better Than Before, Mastering The Habbits of Our Everyday Lives by Gretchen Rubin. Buat yang kurang suka membaca, menonton film atau Youtube videos bisa jadi sumber inspirasi juga. Contohnya minggu lalu ketika The Intern diputar di HBO, aku bisa belajar banyak hal untuk urusan karir. Kalau di Youtube sih aku lagi suka eksplore video  interior design (untuk inspirasi kamar) dan beberapa vlog  (karena ingin lebih produktif Youtube-nya di tahun ini). Inspirasi bisa datang dari mana saja, yang penting begitu ketemu idenya langsung dicatat supaya enggak hilang dan lupa :p


Itu dia hal-hal yang wajib dilakukan di bulan Januari versi Agnes Oryza, menurut kamu apalagi sih yang penting dilakukan demi 2017 yang 'bersinar'?


With love,
Agnes Oryza

Follow my blog with Bloglovin

3 comments:

  1. menurutku, belajar sesuatu yang baru yg belum kita pelajari sebelumnya, yg membuat kita bisa bersinar di 2017. Misalnya sesuatu yg besar seperti melakukan kegiatan charity atau yg sederhana seperti melukis dan membuat craft. A lot of journey outside our comfort zone is the key in 2017 !!

    lukisusantini.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. it's really nice to read your blog again :)

    ReplyDelete