Wednesday, November 28, 2018

Medical Check Up, Penting Enggak Sih?

Orangtuaku selalu pesan: "Sehat itu memang mahal, tapi kalau sakit lebih mahal lagi". Setuju? Kadang kita mengeluh beli buah mahal, beli vitamin mahal, mau medical check up mahal. Tapi semua itu kan dilakukan supaya kita mencegah sakit, medical check up dilakukan supaya kita tahu apa yang terjadi dalam tubuh kita dan enggak asumsi. Kalau kamu, tujuan sehat biar apa? Kalau aku sih supaya bisa berkarya terus dan sering travelling, masih banyak belahan dunia ini yang mau aku lihat :) Nah aku mau bahas soal medical check up (MCU) yang aku lakukan sekitar 3 bulan lalu. Berhubung banyak juga yang tanya di IG, sekalian aku ceritain disini yaa...

Aku baru pertama kali melakukan MCU, dari dulu penasaran banget! Eh kebetulan pas lagi jalan di Kuningan City (yes, mall yang sepi itu tapi aku sering nemuin barang bagus-bagus disana) kok ada AIC Medical Clinic. Baru tau di dalam mall Kuningan City ada klinik kayak gini yang layanannya lengkap, termasuk medical check up juga!


Nah aku tau kalian pasti akan bertanya soa paket dan harganya :D Ini yang ditawarkan ke aku ada 2 paket:
  • Executive Female MCU (harga sekitar 4juta), lengkap banget termasuk USG macem-macem!
  • Standard MCU (harga sekitar 1jutaan), basic MCU seperti biasa


Aku pilih Executive Female MCU biar sekalian lengkap semua, apalagi aku pernah ada riwayat tumor jinak (bisa dibaca postingannya disini) jadi mau check up lagi setelah 4 tahun. Nah pertama disuruh ganti baju AIC dulu nih biar lebih nyaman.



Cek tensi, ambil darah, sample urin
Aku mulai MCU sekitar jam 9 pagi, dan dari tengah malam udah puasa sebagai salah satu syaratnya. Pastinya sebelum mulai MCU tensi dulu dan ambil sample darah (lumayan banyak sih menurutku maklum untuk tes macam-macam), juga sample urin. Tapi aku seneng susternya sangat friendly dan canggih ambil darahnya :p



USG Perut dan Payudara
Tes pertama yang aku lakukan adalah USG perut dan payudara. Disini keliata semua tuh... Ginjal, hati, rahim, payudara. Aku kagetnya dokter informatif banget lho ambil geser-geser alat USG sambil 'cerita' ini ada apa aja dan detail! I'm impressed.


Test mata dan buta warna
Lanjut ke test mata, kayak test di optik gitu tapi lebih detail dan ada buat cek buta warna juga.



Rontgen paru
Rontgen paru sih prosesnya cuma satu detik cepet banget kayak difoto dari bagian dada depan gitu seperti biasa.



Physical examination
Kalau sesi ini dimulai dengan semacam curhat ke dokternya dan ditanya-tanya secara detail seputar riwayat penyakit, lifestyle, lalu dilanjutkan dengan pengamatan fisik.



Test jantung (treadmill)
Sebagai penutup, tes jantung dengan cara dipasangin kabel-kabel di area dada lalu aku disuruh lari di treadmil. Berapa lama? Nah tergantung nih karena dokternya udah punya tolak ukur yang berbeda buat tiap orang. Tapi bener-bener enggak dipaksa harus sekian lama kok, kalo udah enggak kuat lambaikan tangan aja ke kamera ;p



FYI...

  • Waktu itu total waktu yang aku habiskan di AIC sekitar 2-3 jam
  • Aku juga dapet breakfast dan lunch, jadi selama proses MCU enggak berkeliaran di mall cari makan
  • Hasilnya akan selesai dalam 2 hari, dikirim dalam bentuk email dan fisik berbentuk seperti buku lengkap dengan rekomendasi diet/pola hidup yang perlu diperbaiki 


RESULT
Dari MCU yang aku lakukan, puji Tuhan hasilnya sehat dengan catatan:
- Yang lumayan kaget adalah muncul benjolan fam lagi seperti dulu di payudara dan ada beberapa tapi ukurannya kecil, jadi tiap 6 bulan sekali butuh check up. Padahal makanan udah dijaga nih, tapi ya katanya memang aku ada bakat.
- Ketauan anemia level sedang, katanya aku kurang protein hewani pembentuk zat besi. Pantesan sering pusing!
- Hasil rontgen paru baik, tapi malah keliatan tulang belakang aku ternyata agak miring di bagian bawah. Kayaknya nih gara-gara aku sering gotong barang berat di satu sisi doang.
- Baru tau juga saluran dari lubang hidung aku sebelah kiri lebih sempit, makanya ngaruh banget pas latihan freedive selalu deh equalizing kiri yang nyangkut dan sakit.


Aku cerita juga kan ke orang rumah, orangtuaku komentar katanya di AIC termasuk yang enak banget lho dengan harga segitu fasilitasnya bagus, detailnya lengkap. Yang paling aku rasain sih servicenya luar biasa menyenangkan jadi enggak tegang-tegang amat gitu mau check up.

Untuk info lebih lengkap dan appointment, silahkan kontak mereka di:
AIC Kuningan Medical 
Kuningan City Mall L1 Jakarta
Phone: (021) 30051801/02


With Love,

Agnes Oryza

No comments:

Post a Comment