Kamera Andalan untuk Vlogging!

Boleh jujur enggak nih, selama ini faktor yang bikin agak males bikin konten video atau vlog tuh ya.... ribet!! Aku enggak selalu bisa pakai team untuk shooting, dan kalau mau bikin video yang enak dilihat dan didengar tuh seringkali butuh effort. Harus pakai mic tambahan lah, ini itu pokoknya printilan banyak. Tapiii semua itu berubah sejak aku kenal Lumix G100! Simak yaa review dari aku:

Lumix G100 baru launching awal September ini, dan konsep kameranya adalah Stress-Free Vlogging! Supaya lebih jelas, ini dia fitur-fitur yang ditawarkan Lumix G100:

  • Walk and shoot without the shake, dilengkapi 5-Axis HYBRID I.S yang bisa merekam video 4k sambil berjalan tanpa hasil yang goyang
  • Built-in three internal microphone by OZO Audio Nokia yang bisa merekam suara dengan jernih tanpa harus pakai eksternal mic
  • Fitur video yang unik seperti REC Frame Indicator untuk meminimalisir kesalahan ketika kita lupa pencet record, Frame Marker untuk mempermudah kita melihat area video yang akan diupload ke socmed, Vertical Video yang otomatis menampilkan video vertikal ketika dipindahkan ke smartphone.
  • Easy Image Transfer untuk memudahkan kita mengirim file ke smartphone secara instant dengan aplikasi LUMIX Sync, hanya tinggal klik button-nya.

Lebih lengkapnya bisa cek di link ini ya untuk fiturnya. Penasaran banget aku setelah baca fiturnya lebih detail , langsung aja aku pakai buat main ke curug! Hasilnya bisa ditonton di bawah ini ya....


Setelah dipakai ngevlog seharian dan masuk proses editing, yang paling berkesan buatku dari Lumix G100 ini adalah fitur Built-In Mic OZO AUDIO yang bikin suaraku super jernih tanpa harus pakai mic tambahan!! Oh iya lebih canggihnya lagi fitur three built-in mic ini tuh punya kemampuan tracking suara yang bisa kita set: tracking, auto, surround, front, dan back. Pas vlogging ke curug waktu itu mostly aku set mic-nya di front, supaya suaraku terdengar jelas waktu berbicara di saat kondisi sekeliling banyak noise (suara air dan alam). Tapi kalau kira-kira bakal rekam suaranya bolak-balik depan belakang bisa pakai yang tracking supaya bisa ikutin asal suara.


Mantap, pas editing aku sampai heran sendiri bisa jernih banget suaranya seakan aku pakai eksternal mic! Nah pas banget juga di Lumix G100 ada soket 3,5mm untuk memasang mic eksternal misalkan kamu butuh untuk pasang mic lagi. 


Terus aku kebantu banget juga sama fitur video vertikal, udah aku pakai nih untuk shoot tutorial make up di IGTV, hasilnya bisa kamu lihat di bawah ini:


Frame Marker dan REC Frame Indicatornya juga membantu banget, paham kan sering dikira udah pencet record eh taunya belum! Sekarang kesalahan itu bisa diminimalisir karena frame inicator-nya jelas.  

REC Frame Indicator

Frame Marker


Hehehe aku bisa dibilang bukan expert soal teknologi dan juga pembuatan video, tapi so far aku merasa pakai Lumix G100 untuk membuat video tuh mudah! Bener deh sesuai konsepnya, anti stress. Body camera-nya juga ringan, dibawa-bawa enak enggak berat. Kalau soal hasil kualitas video sih Lumix enggak diragukan lagi ya, I've been using Lumix since 2018 dan selalu puas dengan hasil video 4k nya. 


Kalau tertarik dengan Lumix G100 ini, sudah bisa order di Lumix Official Store di blibli.com! Available dengan atau tanpa tripod seperti yang aku pegang di foto pertama yaa.

Terima kasih sudah membaca blogpost ini!


With love,

Agnes Oryza

Comments