Hello 2021

Hai. Akhirnya, blogpost pertama di 2021. Luar biasa kita semua bisa melewati 2020 dengan keadaan baik dan masih bernapas. Virtual hug! Ingin sekali bertemu dengan semua teman-teman dan kalian yang selalu support selama ini, ingin mengobrol, ingin peluk satu-satu, tapi belum bisa. Tentunya kita semua pasti berharap keadaan pandemi semakin baik ya di tahun ini. 


Hmm setelah menghadapi 2020 yang sangat menantang, memulai 2021 pun cukup berbeda buatku. Dimulai dari malam tahun baru yang jauh lebih sepi dari biasanya karena kebanyakan orang stay at home dan enggak ada pesta-pesta, jadi aku punya banyak waktu tenang untuk kontemplasi. Resolusiku di tahun 2021 sebenarnya masih mirip dengan 2020 hanya saja tahun ini aku punya cara lebih efektif untuk menjalankannya, yaitu: SET SYSTEM NOT ONLY GOALS.


Terkadang melakukan goals tuh bingung harus mulai darimana, jadi yuk dibikin sistem supaya terukur dan lebih mudah dipraktekkan! Ini contoh beberapa yang aku bikin di awal tahun:

1. Language goal: fluent in French, understand basic Dutch conversation, understand Chinese drama without subtitle

Set sistem:

- Learn french: 10hrs/week

- Learn dutch: 7hrs/week

- Learn chinese: 5hrs/week

I really enjoy learning new language during the pandemic, dan masih akan terus berlanjut sampai entah kapan karena pastinya aku udah seneng banget bahasa ini dan ingin sampai benar-benar bisa. Komen kalau kalian ingin aku menulis tips belajar bahasa ya!


2. Goal: badan lebih fit

Set sistem: 

- Olahraga min 3hrs/week

- Minum air mineral min. 1 liter/hari


3. Goal: lebih rajin baca buku

Set sistem: baca min. 1 buku/bulan

Oh iya dalam bentuk mewujudkan goal ini, setiap akhir bulan aku akan tulis review buku yang aku baca yaa di blog!


4. Goal: mengurangi screen time

Set sistem: Atur screen time sosmed supaya ada reminder. Kalau di iPhone ada di Setting -> Screen Time -> App Limit -> lalu pilih aplikasi. Contohnya aku set app limit Instagram jadi maksimal 2.5 jam karena sebelumnya rata-rata per hari aku buka aplikasi Instagram bisa 4 jam!


Dan masih banyak lagi sistem yang aku tetapkan buat diri sendiri, semoga contoh di atas bisa jadi inspirasi yaaa. Tenang walau udah tanggal segini tapi tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik. 

Semoga 2021 kita semua dipenuhi dengan berkat, rejeki, kesehatan, dan kedamaian jiwa. Good luck!


With love,

Agnes Oryza

Comments

  1. Goalnya simple! kecuali yang language lol.

    Btw, buka Instagram sampai 4 jam, abis itu ketiduran gitu?

    ReplyDelete
  2. Tips belajar bahasa dong kak.. Terima kasih 🙏❤️

    ReplyDelete
  3. aku ngikutin kamu juga di instagram dan keren banget liat motivasinya belajar bahasa!

    ReplyDelete
  4. Semoga tahun ini bisa lebih baik ya ^^ dan semoga goalnya bisa diwujudkan

    ReplyDelete

Post a Comment