Tuesday, July 21, 2015

A Year After Fibroadenoma Mamae Surgery




Sudah setahun setelah aku operasi pengangkatan tumor jinak (Fibroadenoma Mamae) di kedua payudara, kamu bisa lihat postingannya disini. Semenjak operasi, aku jadi lebih hati-hati dan pemilih soal makanan... mengurangi junk food, jajan bakso, makanan ber-MSG, dan minuman-minuman yang mengandung pengawet. Sebagai gantinya aku perbanyak makan buah, sayur, dan juga mengkonsumsi muesli setiap pagi untuk sarapan.



Walaupun sering dipandang dan dibilang aneh sama temen-temenku (waktu masih ngantor), ya katanya dibilang sarapan kayak burung lah makan biji-bijian, susah diajak jajan sembarangan apalagi makan bakso, dan dibilang anti-MSG karena setiap jajan diluar aku selalu cerewet bilang ke yang jualannya untuk gak pake MSG, tapi aku enjoy aja dan inget untuk selalu menyayangi diri sendiri. Aku akui makanan yang aku hindari itu memang enak, tapi apalah gunanya kalau harus masuk rumah sakit lagi dan dioperasi.

Sempat beberapa kali banyak banget yang bertanya gimana keadaan setelah operasi, apakah benjolan muncul lagi? Memang banyak sih yang cerita terutama beberapa temenku, yang setelah operasi si benjolan muncul lagi beberapa bulan kemudian. Kalau aku sendiri tidak merasakan adanya benjolan lagi, dan bentuk payudara sudah kembali seperti semula (karena sesaat setelah operasi bentuk payudara pasti lebih kempes karena ada benjolan yang diangkat).


Tapi untuk menjawab rasa penasaran, akhirnya kemarin aku cek lagi ke Dr. Syafwan di Santosa Hospital Bandung... Intinya sih hasilnya bagus enggak ada tumbuh benjolan lagi (thank God!). Ternyata kita harus periksa diri sendiri dulu, apakah merasa ada benjolan atau keluhan. Kalau memang enggak ada keluhan, Dr. Syafwan bilang enggak usah cek ke dokter. Lho aku cukup kaget juga ternyata dateng konsul cuma gitu aja, dikirain pake USG dll. Bekas operasinya juga dibilang bagus, memang enggak bisa hilang total.... aku rajin oles pakai Egyptian Magic Cream atau virgin coconut oil dan hasilnya lumayan banget.

Selama ini aku merasa terbantu banget dengan menerapkan healthy lifestyle, terutama rajin mengkonsumsi makanan sehat. Makanan dan minuman 'kurang sehat' seperti junk food, bakso, coke, aku tetep konsumsi kok tapi sesekali aja, mungkin cuma sekitar 1-2x setiap bulannya. Dulu suka banget, sekarang liat ayam fast food yang gendut-gendut itu aja udah serem, kebayang suntikan hormonnya bakal masuk juga ke badanku.


Yang terpenting girls, rajin periksa sendiri keadaan payudara terutama seminggu setelah menstruasi. Kalau ada menemukan kejanggalan, segera periksa ke dokter yaa...


Hope this post helps!
Have a nice day

5 comments:

  1. iyah, kalo daku berhenti (hampir sih) makan ayam di restoran Fastfood sejak lihat tayangan mereka "menghabisi" ayam dengan amat sangat yah menyedihkan :(
    dan coke dan sabangsanya, no more :D

    susah emang ngurangi yang enak-enak dan FAST!

    by:by BULEIPOTAN BLOG ^^

    ReplyDelete
  2. wah, belum bisa :(
    masih selalu nggak tahan lihat bakso dkk. Semoga nanti bisa nyusul nerapin gaya hidup sehat. Tetep sehat ya,Nes! We love you ^_^

    ReplyDelete
  3. kalo boleh tau beli muesliny beli ka?

    ReplyDelete
  4. Wah, that's a really good news, Nes. Smoga bisa awet diet kaya gitu. Berjuaaang! :)

    ReplyDelete