Tuesday, July 7, 2015

First Visit to ERHA Clinic

Ini pertama kalinya aku melakukan perawatan di ERHA Clinic! Temen-temenku sih banyak banget yang suka perawatan di ERHA, tapi dari dulu aku cuma dengerin aja ceritanya karena enggak terlalu tertarik untuk perawatan ke dokter kulit. Akhir-akhir ini aku sadar ada beberapa masalah kulit yang enggak selalu bisa diselesaikan hanya dengan perawatan biasa, tapi butuh tindakan dari dokter kulit.

Wajahku memiliki beberapa tahi lalat (datar, bukan timbul) dan dark spots karena faktor genetik. Nah masalah kulit genetis ini aku anggap enteng, jadi kalau keluar rumah paling males yang namanya pakai SPF padahal sering kena panas matahari. Dark spots yang tadinya enggak terlalu kelihatan jadi semakin visible dan semakin banyak. Akhirnya aku memutuskan untuk melakukan Laser CO2 ke ERHA Clinic.


Kebetulan sekitar 1,5 minggu yang lalu aku lagi break di Bandung, jadi aku datang ke ERHA Clinic yang ada di Jalan Cimanuk. Begitu masuk aku langsung diarahkan untuk ke bagian registration terlebih dulu karena ini pertama kalinya melakukan perawatan di ERHA. Aku diminta untuk mengisi form di ruang tunggu, by the way ruuang tunggu disini nyaman banget... Waktu itu aku treatment hari Jumat siang dan kondisi klinik cukup ramai.


Setelah mengisi form aku naik ke lantai 2 untuk konsultasi dengan dr. Prawindra Irawan, M. Kes. SpKK. Konsultasi ini menjadi moment of truth buatku. Tadinya kesini hanya untuk laser beberapa titik aja (setahun yang lalu pernah laser menghilangkan tahi lalat di klinik yang berbeda, tapi karena enggak aku jaga jadi sekarang mulai muncul lagi seperti dark spot yang cukup besar), ternyata pas dicek dokter dibawah lampu kulitku terlihat banyak dark spots yang kecil-kecil dan cukup menyebar di area pipi, pelipis, hingga dahi. Sebenernya enggak terlalu kelihatan kalau sekilas, tapi dibawah lampu yang terang jadi jelas banget. Dokter menyarankan aku untuk laser aja semua dark spots-nya karena nantinya bisa semakin jelas dan membesar. Aku setuju, mengingat kulit papiku juga seperti itu, dulu dark spots-nya kecil-kecil tapi sekarang semakin membesar dan beliau rutin juga untuk melakukan laser.

Konsultasi dokter berlangsung cepat (dan enggak sempat aku foto), lalu aku naik ke lantai 3 untuk diberikan krim anestesi.


Pas nunggu dipanggil susternya aku lihat pasian-pasien yang antri untuk laser CO2 juga pada dikasih krim anestesi, ada yang full sewajah, ada yang cuma di pipi aja. Ternyata pas giliranku..... diaplikasiin sewajah juga! Hahaha.. Suster bilang harus tunggu kurang lebih setengah jam supaya anestesinya maksimal, selain itu antrian juga lagi agak banyak jadi harus sabar.


Finally dipanggil juga untuk laser setelah menunggu sekitar 1 jam. Pengerjaan laser CO2 juga enggak lama, untuk sewajah kira-kira 15 menit. Aku enggak tahu apakah ini pengaruh krimnya yang udah didiemin terlalu lama, tapi pas laser berasa perihnya! Padahal dulu aku pernah laser beberapa titik aja gak berasa apa-apa. Ini aku sampai keluar air mata dan minta dokternya berhenti dulu sebentar, baru lanjut lagi. Mungkin karena titik yang dilaser juga banyak.....


Ini dia hasil sesaat setelah proses Laser CO2. Wajah merah-merah dan agak perih, ini sama susternya langsung diaplikasiin krim antiseptik supaya enggak infeksi. SHOCK juga karena yang dilaser buanyaaak banget (soalnya selama ini merasa kulit mulus-mulus aja). Ada beberapa bekas jerawat cukup dalam dan spot yang enggak dilaser sama dokternya, karena katanya bisa pakai krim luar aja tanpa harus laser.


Sambil nyut-nyutan wajahnya aku kembali ke lantai 1 untuk ke bagian cashier dan menunggu untuk keluar obat dan krim perawatannya.


Selagi menunggu aku liat-liat ke ERHA Apothecary yang ada di sebelah registration, produknya cukup lengkap mulai dari perawatan wajah, badan, hingga untuk rambut.



Display-nya Erha Apothecary rapi dan menarik untuk dilihat, lengkap juga dengan wastafel yang bisa dipakai untuk mencoba produk. Setelah 10 menitan menunggu, aku diberi paper bag ERHA yang isinya produk perawatan. Ini jadi nilai plus juga lho karena paper bag-nya ramah lingkungan, enggak pakai plastic bag seperti klinik lainnya.


Produk-produk yang aku bawa pulang:

  • ERHA21 Facial Wash
  • Krim pasca laser
  • Antibiotik untuk 7 hari



Perawatan pasca laser:
  • Selama seminggu tidak boleh memakai make up dan hindari matahari (sebisa mungkin tetap di rumah, kalaupun terpaksa keluar rumah ya jangan panas-panasan dan kena debu)
  • Minum antibiotik dari dokter sesuai yang dianjurkan (aku minum 1x sehari setiap pagi)
  • Begitu selesai laser, jangan kena air sampai 4 jam
  • Setelah 4 jam boleh mencuci wajah dengan sabun yang ringan (karena takut iritasi makanya aku prefer facial wash dari ERHA langsung)
  • Keringkan dengan handuk kering dengan cara ditepuk-tepuk, bukan digeser
  • Langsung oleskan krim pasca laser di daerah yang terkena laser saja
  • Mencuci wajah dan aplikasi krim pasca laser dilakukan 2-3x sehari, sampai 7 hari
  • Jangan tergiur untuk kopek-kopek bekas laser, biarkan mengering dan mengelupas secara alami supaya hasilnya maksimal






HARI KE-3 setelah laser:
Bekas laser mulai berkurang kemerahannya dan menjadi semakin gelap, ketika dipegang udah enggak perih.



HARI KE-5 setelah laser:
Bekas laser mengering, bahkan beberapa yang kecil dan enggak terlalu dalam mulai mengelupas sendiri ketika mencuci wajah. Bekas laser yang cukup dalam belum mengelupas.



HARI KE-7 setelah laser:
Semua bekas laser yang mengering sudah mengelupas dan wajahku kelihatan bersih! Ada juga bekas laser yang agak dalam (di pipi kanan) walaupun sudah mengelupas tapi masih agak kemerahan, nanti lama-kelamaan kemerahan itu akan hilang. Dokter menyarankan untuk konsultasi lagi seminggu setelah laser untuk perawatan lebih lanjut.



Overall:
Aku sangat puas dengan hasilnya, dan jika dibandingkan dengan laser yang kulakukan setahun lalu di klinik lain, di ERHA ini bekas lasernya cukup cepat proses pengeringannya. Padahal krim pasca laser-nya menurutku lengket banget, tapi bisa memulihkan dengan cepat.


Price:
Untuk laser CO2 sewajah ini dikenakan biaya Rp 1.100.000,-. Ditambah dengan biaya registrasi, konsultasi dokter, dan produk semuanya total menjadi Rp 1.400.000,-.



Sudah pernah perawatan di ERHA Clinic?
Please share below in the comment section..
Thank you for reading!

25 comments:

  1. itu sudah termasuk product perawatanya ya nes..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, 1,4 termasuk produk perawatannya :)

      Delete
    2. mba, laser 1,1 ini diitung dari banyaknya area yang dilaser apa uda harga fix? makasii

      Delete
  2. Itu 1,1 full laser semuka atau diliat dari jumlah banyaknya dark spot kak? Dark spot aku banyak banget soalnya. takut over budget. Thanks before

    ReplyDelete
  3. thanks infonya :)

    Fani. R
    Content Writer
    PT. Grivy Dotcom
    http://beauty.grivy.com/h/i/125213915-sikap-yang-harus-dihindari-saat-berada-di-salon-kuku

    ReplyDelete
  4. Mbak ini erha yg alamatnya dimana? Boleh diinfo? Ke email saya ly_antie(@)yahoo.com Makasih.

    ReplyDelete
  5. Aku juga pasien erha sejak 1,5 tahun yg lalu. Dulu jg aku jerawatannya parah mbak, tp skrg udh ngga, dan muka ku jauh lebih bersih. Cumaaa... Bopeng2nya itu lhooooo ga bs ilang hanya dgn krim saja.. Aku tertarik sm lasernya.. Bisa meratakan kuliy wajah yg bopeng ga ya?

    ReplyDelete
  6. Mba ini erha yg dimana? Mohon bantuannya yaaa kirim alamatnya di komentar atau email ya gunturpk1st@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  7. Pengen ngilangin tahi lalat di erha pake laser, tapi sayang di Pekalongan belum ada.

    ReplyDelete
  8. Mbak agnez skrg gmn darkspotnya? Perubahannya signifikan g setelah laser? Tks.

    ReplyDelete
  9. Aku kmrn kena 1.150.000 plus salep after lasernya...skrg udh lumayan bersih.

    ReplyDelete
  10. Itu ilangin dark spot doang ya mba? Kalo ada bopengnya bisa sekalian ilang ga ya?

    ReplyDelete
  11. Mba skrg dark spotnya gmna? Pada hilang smua apa muncul kembali? Masalah kulit mba sama kayak aku, Aku juga punya frekless genetik gtu pernah ke erha awalnya lebih putih tp lama2 kulit aku jenuh jadi dy ga putih2 lg trus muncul urat2 wrna ijo gtu dimuka takutnya udh tipis kan jd aku berhenti gunain produk erha eh malah freklessnya malah lebih banyak lagi

    ReplyDelete
  12. ka itu ada paket treatment nya atau cuma 1x aja?

    ReplyDelete
  13. Salam kenal mba...bagi infonya ya..please lg butuh bgt ni...dua hr lalu abis laser c02 jg...trus di,asi cream fusifar...sama ga cream nya? Nah besok pagi nya kt perlu pake suncream ga ya? Atau hanya fusifer aja ya? Tq sblmnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai cream antibiotiknya dari dokter sampai 7 hari, tanpa sunscreen karena aku tidak keluar rumah setelah laser :)

      Delete
  14. Ka pertama ke erha lgsg laser apa pakai obat (krim pagi malam) dari erha dulu? Makasih

    ReplyDelete
  15. haii... baru kmrn aku laser co2 di erha depok kena 2.558.000 + cream pasca laser mungkin krn ada bbrp tahilalat yg aku hapus juga jd brasa mahal bgt yaa ... smg 7 hari kedepan kulitku bs sehat lg skr bolong2 sist abs di laserrr perih nya mnt ampun ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba pake krin yg pasca laser y yg fs bukan?

      Delete
    2. Mb..habis 2jt keatas untuk flek seberapa banyak??
      Rencana pekan depan saya mo ke erha..flek saya byk nih..kira2 hbs brp duit ya

      Delete
  16. kak kalo perawatan laser itu harus rutinkah ? atau hanya sekali ?

    ReplyDelete
  17. itu laser 1 juta udah full satu muka?

    ReplyDelete
  18. Hai mba agnes.
    Mo tnya dong, kalo laser CO2 utk nevus atw tahilalat hidup brp ya biayanya? Tengkyu uda mo jwab prtanyannya. Smoga sukses trus...

    ReplyDelete
  19. aman ya di laser? efek samping ada kah? atau terasanya dipenghujung waktu?

    ReplyDelete
  20. Klo ilangin tahi lalat diatas bibir pake laser ada bekasnya gak ya??..share dong..soalnya takutnya ngebekas gtu

    ReplyDelete