Sunday, May 15, 2016

5 Things To Do Before Sleep

Salah satu resolusiku tahun ini adalah hidup dengan lebih teratur, terutama pintar mengatur jadwal tidur supaya hidup lebih sehat. Beberapa bulan kemarin masih keteteran... rasanya waktu 24 jam dalam sehari enggak cukup, alhasil tidur terlalu larut entah itu karena menyelesaikan pekerjaan atau kebablasan melakukan hal-hal yang sebenarnya enggak penting. Gara-gara terlalu sering tidur terlalu malam, hal merugikan yang paling aku rasakan adalah kulit yang rewel! Serius, biasanya kulitku enggak pernah bermasalah tapi gara-gara jadwal tidur yang enggak jelas kulitku jadi lebih gampang berjerawat dan kelihatan lebih kusam, padahal rutinitas skincare enggak berubah. Big NO!


Nah karena udah terbiasa tidur larut malam (diatas jam 12), misalkan aku mencoba tidur sebelum jam 12 rasanya suliiiit banget. Masih seger dan pengin ngelakuin banyak hal... Padahal kalo dibiasain kayak gini enggak baik, body clock-nya jadi kacau dan proses regenerasi dalam tubuh di malam hari enggak maksimal. Aku punya beberapa tips yang udah kujalankan beberapa minggu terakhir supaya waktu di malam hari lebih bermanfaat dan tidur bisa tepat waktu:



1. Tentukan jam tidur yang sama setiap malam dan hentikan pekerjaan 1 jam sebelumnya

Menuruku sih paling bagus jam 11 udah tidur, tapi karena masih awal 'latihan' untuk tidur lebih cepat, aku set jam tidur paling lambat jam 12 malam. Berarti dari jam 11, selesai enggak selesai aku harus tutup laptop.

2. Singkirkan segala gadget
Ini hal yang paling sulit dilakukan tapi harus! Siapa yang kebiasaan ngecekin social media atau stalking sampai larut malam dan jadi susah tidur? Ternyata kebiasaan melihat layar gadget sebelum tidur mengganggu hormon melatonin yang memberikan sinyal kalau tubuh harus tidur. 1 jam sebelum tidur, singkirkan segala gadget seperti laptop dan handphone dan jangan tergoda untuk scrolling Instagram/Snapchat! Biasanya laptop aku matikan total dan simpan di laptop case (jangan diatas meja kerja), dan untuk handphone aku silent, pasang alarm untuk besok pagi, dan simpan di tempat yang sulit dijangkau dari tempat tidur.

3. Create the sleep ambiance
Begitu udah shut down dan tutup segala kerjaan, pikiran juga harus dibantu supaya bisa lebih rileks dan siap untuk tidur. For me, ganti baju dengan silk kimono atau piyama favorit, menyalakan lilin aromatherapy, dan setel musik jazz bisa sangat menenangkan dan memberikan sinyal ke otak kalau udah mendekati jam tidur.

4. Saatnya merawat kulit
Pasti udah tahu lah ya kalau perawatan kulit di malam hari penting banget karena kulit beregenerasi ketika tidur. Bersihkan makeup, cuci muka, dan pakai skincare untuk malam hari. Kalau ingin perawatan lebih mendalam lagi, sempatkan untuk menggunakan face mask sebelum night treatment supaya kulit lebih segar keesokan paginya.

5. Prepare for the next day
Untuk menggantikan kebiasaan liat screen gadget sebelum tidur, lakukan hal yang lebih bermanfaat seperti mempersiapkan diri untuk keesokan hari. Biasanya aku mempersiapkan overnight oats in a jar untuk sarapan (jadi paginya enggak hectic, udah tinggal ambil sarapan di kulkas), membaca buku, atau mencatat to-do-list di buku agenda supaya enggak ada kerjaan yang kelupaan untuk besok. Intinya pilih kegiatan apapun yang bermanfaat/menenangkan dan jangan melibatkan gadget!


Hal apa yang biasanya kamu lakukan supaya tidur malam lebih nyenyak?
Share di comment box di bawah ini yaa...


With love,
Agnes Oryza


Follow my blog with Bloglovin


4 comments:

  1. Sepakat sama tipsnya kak. Kalo mau tidur teratur emang harus dibiasakan ya :D

    ReplyDelete
  2. Kak eye cream yg bagus apa yah? Untuk perawatan aj,, karna ak ga terlalu bermasalah dengan mata panda, garis halus jg blm terlalu terlihat hanya saja umur sdh 23 th

    ReplyDelete
  3. Hi kak, bagi-bagi resep overnight oats nya dong. Liburan ini pingin eat clean bgtnih soalnya berat badan naik haha

    ReplyDelete
  4. hehe.. pengennya tidur teratur tapi apa daya kalau anak masih pengen main.. hiks

    ReplyDelete