Hello 2019

Kaget tiba-tiba udah tahun baru! Banyak banget orang yang bilang 2018 itu semacam pemanasan menuju 2019... Kalau bagi aku sih pemanasan udah dari 2017, puji Tuhan 2018 banyak plan yang terealisasi, jadi 2019 ini yang penting on track dan ditambah beberapa resolusi baru. As much as I love 2018, I'm so excited to face the new 2019!


Seperti biasa setiap awal tahun aku selalu melakukan hal ini (Things To Do on New Year) dan menulis resolusi di blog juga supaya archive-nya jelas dan bisa dibuka kapanpun. Resolusi tahun 2018 ingin lebih adventurous, checked! Lebih produktif, checked! Learn new things, checked! Kuncinya? Selalu bersyukur biar Tuhan kasih berkatnya lebih dan lebih, juga agak 'keras' sama diri sendiri biar hasilnya nyata. It workssss. Kalau resolusi 2018 aku seperti ini, 2019 mau apa ya?


1. Lebih wise mengelola uang
Kerjaan aku bukan yang tipe penghasilan tetap, kadang banyak, kadang sedikit. Enggak bisa diprediksi. Jadi mengelola uang itu penting banget! Tahun kemarin berhasil pakai aplikasi AntiExpense (free) untuk mencatat income dan outcome jadi aku tau persis uang larinya kemana aja, sekecil apapun bisa dicatat dan ditrack dengan mudah. Buat apa sih dicatetin? Buatku penting banget karena jadi tau per bulan keluar uang transport berapa, beli kebutuhan fashion berapa, uang makan habis berapa. Di akhir bulan evaluasi sendiri, kalau dicatat jadi sadar "oh ya ampun bulan kemaren ngapain ya budget beli baju sampai segini banyak", "astaga jajan diluar kok sedikit-sedikit tapi kalau ditotal lumayan bisa buat beli tiket pesawat". Jadi bulan berikutnya lebih dikontrol dan sebisa mungkin ditekan budget yang enggak penting amat.

Selain itu aku udah setengah tahun lebih pakai Jenius, nabung jadi gampang banget bisa diatur dari aplikasi! Intinya harus lebih wise mengelola uang di 2019 dan bisa mengerem budget gak penting karena WISHLIST aku banyak banget mulai dari travelling, beli tas impian, sampai wedding pun (biar kata jodohnya belum ketemu) harus di-planning dari sisi keuangan. Makanya Dream Saver aku di aplikasi Jenius banyak biar setiap ada income, langsung deh dibagi-bagi ke tabungan dan jangan lupa buat dana darurat juga kayak Kak Alodita.


2. Konsisten dalam pekerjaan
Tahun 2019 harus lebih konsisten dalam pekerjaan, terutama bikin konten di Instagram, blog, dan Youtube yang tahun lalu agak keteteran. Karena konsisten adalah kunci suksesnya para content creator :p Suka janjiin blogpost seminggu 2x, eh taunya cuma sebulan 1x! Harus lebih pintar atur waktu, apalagi di 2019 ini kerjaanku bertambah karena akan launch clothing line yang udah aku siapin dari tahun lalu. Ditunggu yaaa!


3. Lebih rajin olahraga
Ini nih payah banget tahun lalu kurang konsisten olahraganya, I do workout seminggu 2x aja, dan setelah mendengarkan kebutuhan badanku sih I need more! Selain itu aku liat keluargaku, mami dan eyang yang selalu rajin olahraga kok pada semakin awet muda. Skincare aja enggak cukup guys ternyata, aku mau keliatan awet muda dan sehat jadi harus banget ditambah porsi olahraga tahun ini. Oh iya aku juga lagi cari aplikasi home workout yang oke, minta sarannya dong dari kalian yang pakai... Tulis di comment section di bawah yaa.


4. Meditasi setiap hari
Bangga juga nih sama diri sendiri, tahun lalu berhasil memulai meditasi. Kenapa aku butuh meditasi? Karena dengan kerjaan aku di dunia socmed dan tinggal di Jakarta yang cukup stressful, pikiranku sering banget 'lari-lari' dan gak bisa diam! Sering banget sampai susah mau tidur, karena otaknya mikir terus gak berhenti. Setelah rajin meditasi setiap hari, pikiran aku bisa lebih fokus dan relaks, kalau ada perasaan gak enak bisa lebih mudah let go. Of course panduan meditasi banyak banget di Youtube, tapi aku sangat terbantu dengan aplikasi Simple Habit (bisa gratis, bisa subscribe per bulan/tahun). Aku pemula banget jadi masih harus meditasi dengan panduan gini, apalagi dalam aplikasinya banyak banget macemnya mulai dari meditasi pagi hari biar fokus, meditasi biar tidur nyenyak, meditasi pas broken heart, meditasi dalam keadaan sakit. So helpful!


5. Mempelajari bahasa baru
Aku ingin banget bisa berbahasa Perancis, tahun lalu mau daftar kursus belum jadi juga tapi at least udah mulai belajar dari aplikasi Duolingo dan Tinycards (keduanya related apps). Masalahnya belum maksimal karena belum setiap hari, I wish tahun ini bisa ketemu mentor private french lesson yang pas.


Sekian sharing resolusi 2019 aku, kalian juga boleh kok sharing resolusinya di kolom comment di bawah ini pasti aku baca ;)




With love,

Agnes Oryza

Comments

  1. Asikk tampilan blog nya kece.. happy new year ness.. smoga 2019 lebih bersinar 🌟

    ReplyDelete
  2. pengen nyobain juga untuk meditasi, kirain cuma ada di app store tenyta ada juga di playstore, thanks infonya yah

    ReplyDelete
  3. Aku baru liat tampilan baru blognya, bagus!

    ReplyDelete

Post a Comment