Tuesday, January 5, 2016

2016!

Happy New Year everyone! This is literally how I spent my New Year's Eve, pakai piyama seharian, di rumah, bersantai, dan juga masak bareng keluarga. Menghabiskan malam tahun baru di rumah itu lebih nyaman menurutku, karena bisa berkumpul bersama orang yang aku sayang sambil merefleksikan apa yang sudah terjadi di tahun kemarin sambil setting goals untuk tahun yang akan datang!





Tahun 2015 adalah salah satu tahun yang luar biasa menurutku, karena di tahun 2015 I started on a new journey. Aku memutuskan untuk berhenti kerja kantoran dan mengerjakan blog dengan serius! I know, that sounds crazy.... Tapi segala kekhawatiranku enggak terjadi (thank God), justru setelah serius kerja sendiri (blogging, freelance, doing some projects) malah aku bisa mendapatkan berkat yang jauuuh lebih besar. Disitulah aku bisa benar-benar merasakan proses menjadi dewasa. I moved to the new apartment di Jakarta, belajar membagi waktu sendiri antara kerja dan juga beres-beres tempat tinggal (yang biasanya enggak pernah aku lakuin sendiri), paying bills, pokoknya bertanggung jawab penuh deh sama hidup sendiri. 

Aku juga seneng banget, resolusi yang pernah aku tulis diawal tahun 2015 bisa aku lakuin dan terus dijaga sepanjang tahun. Oleh karena itu untuk 2016 ini aku punya resolusi:


1. Lebih pintar mengatur waktu. This is the most challenging! Kerja sendiri itu ternyata sangat menantang karena enggak ada bos yang sedikit-sedikit ngecek kerjaan kita, semuanya diatur sendiri. Selain itu aku juga tinggal jauh dari orang tua, jadi aku harus punya waktu untuk mengurus apartment, bersih-bersih, nyiapin makanan sendiri. So much to do in so little time!

2. Kurangi tidur terlalu malam. Ini yang menjadi masalah terbesarku di 2015... Tidur terlalu larut itu enggak ada bagusnya, metabolisme tubuh terganggu, selain itu bangun juga jadi kesiangan. Kalau bangun udah kesiangan, kerjaan makin siang dimulainya dan akhirnya less-productive. Aku bertekad untuk tidur antara jam 11-12 supaya istirahat lebih cukup dan bangun lebih segar.

3. Olahraga. Tahun kemarin rasanya selalu ada excuse untuk enggak olahraga.... Semenjak aku pindah apartment 2 bulan lalu, fasilitas olahraga di apartment udah disediain dan lengkap. Yang dibutuhkan tinggal niat aja nih! Kalau niat no 2 bisa selalu dijalankan, artinya aku punya waktu di pagi hari untuk olahraga dulu sebelum memulai aktifitas.

4. Mengatur keuangan lebih bijak dan menabung. Sejak penghasilanku bukan tetap, aku harus pintar me-manage keuangan supaya hidup lebih nyaman dan enggak deg-degan. Untuk memulai resolusi ini, aku udah bikin rekening ekstra untuk memisahkan pos-pos keuangan. Rekening ATM A untuk pemasukan dan biaya belanja diluar kebutuhan (you know what I mean), rekening ATM B untuk biaya hidup sebulan plus cicilan, dan rekening ATM C untuk tabungan yang enggak bisa diganggu gugat karena aku ada niatan untuk trip ke Eropa di akhir tahun. Dengan cara membagi pos keuangan gini hidup jadi lebih tenang karena enggak akan ada perasaan kekurangan.

5. Work smart, not harder. Udah ngerasain sendiri kerja berlama-lama seharian itu enggak ada gunanya. Apalagi break time itu sangat penting lho untuk produktifitas! Penginnya di 2016 ini bisa memiliki working time yang enggak berlebihan tapi kerjaan selesai. Sounds great? Oh iya selain itu bilang 'NO' sekali-kali itu bagus juga lho, jadi kita enggak terbebani untuk mengerjakan workload yang udah terlalu banyak dan berujung pada stress sendiri!

6. Membuat konten yang lebih baik untuk blog dan Youtube. Tahun ini aku pengin bisa menyajikan konten yang lebih bagus lagi, lebih bermanfaat, dan terutama bisa posting secara teratur di blog dan Youtube. Karena dengan posting lebih teratur itulah blogger bisa engage lebih baik dengan readers dan followersnya. Fingers crossed!


Wish you all a great year ahead!


With love,
Agnes Oryza

4 comments:

  1. Nah lebih baik bikin resolusi yang simple simple kayak gini dulu aja kali yah tapi terlaksana

    btw salam kenal agnes... hope this year is better to you

    eh suka sm nail artnya <3

    ReplyDelete
  2. Selamat tahun baru Agnes, semoga resolusi nya tahun ini tercapai semua ya.

    ReplyDelete
  3. happy new year kak!
    sukses resolusinya :)
    anw piyama sm kukunya lucuu <3

    GLAM MAKEUP
    | UNBOXING SEPHORA

    ♥,
    SONIATAHIRMAKEUP

    ReplyDelete