Monday, April 18, 2016

Proud of Your Curls

Dulu waktu awal mau bikin blog ini, aku lagi ada dalam tahapan transformasi rambut yang bener-bener bikin rasa percaya diri 'dipaksa' untuk keluar. Tahun 2009 adalah tahun dimana rambutku lagi peralihan 'kembali keriting' setelah 6 tahun rajin di-rebonding. Untuk yang belum pernah baca masa transisi rambutku, bisa baca disini. Makanya blog ini aku namain The Curly Girl Journal karena aku mau rambutku tetap keriting se-la-ma-nya, dan blog ini bisa jadi beauty journal yang berguna untuk banyak orang. Nyambung gak ya? Pokoknya sejak saat itu aku mulai pede untuk jadi The Curly Girl.


Sejak aku aktif nge-blog, banyak banget readers/followers yang kirim email atau sekedar say hi di socmed dan bilang kalau mereka juga punya rambut yang keriting. Aku sadar kalau perempuan yang berambut keriting di Indonesia ini sering banget dianggap enggak cantik. Serius. Society set the beauty standards high. Buktinya banyak banget yang sering email atau curhat kalau mereka enggak pede dengan rambut keritingnya. Padahal, every woman has their own beauty.... Ada yang cantik dengan rambut keritingnya, ada yang cantik dengan freckles-nya, dan ada yang cantik dengan tubuh curvy-nya.


Salah satu email 'curhatan keriting' yang sangat ngena di aku, yaitu email dari Lissa ini (aku udah ijin ke orangnya untuk share isi email di blog):




"Hi kak, aku Lissa. So this morning I stopped by your blog for reading review Olay and when I looked in the header, I saw Curly Girl, and I kept scrolling to see how curly you are. And dang. Your curly hair is EXACTLY like mine.

I've been in love-hate relationship with my hair for the last 20 years of my life. Aku ga pernah (I repeat,never) ngebuka rambutku di depan umum. Di sekolah, di kampus, di tempat umum aku pasti selalu ikat atau kepang . People always mock my hair. Whenever I went to saloon, the stylist hold my hair with gross face like it's so bizzare and disguisting. This thing makes me insecure for my whole life. So just before 6 days I hit 21, I decided to smoothing my hair. I thought hey it's about time. And I regret it. So much. Not because of the result. The result is fine. But that's not me. The girl that I was looking in the mirror with straight hair, that is so def not me. I realized now,my identity is my curly hair. And I've been hiding it for my whole life. I repeatedly told myself, maybe this is God's way for making me realize that things that He made is so wonderfully fits perfectly. 
So why am I bothering with you my oh-so-uninspirational story?
I wanna ask you. Where do you gain so much confident? Maksud saya, kakak terlihat begitu percaya diri berjalan sehari hari dan membiarkan rambut terurai. Cause I could'nt find one for 20 years of my life.
Thankyou and have a good day!"



Hal yang dialami Lissa sama persis dengan yang kualami sejak kecil:
- love and hate relationship sama rambut keriting itu IYA BANGET, in my case banyakan sebelnya sama rambut sendiri
- gak pernah urai rambut di depan umum, simply because aku gamau dikata-katain orang dan dibilang terlalu banyak makan mie instan
- paling sebel pergi ke salon, karena gak semua salon bisa treat the curls right. Ada yang pas keramas terlalu diacak, pas nyisir serasa dijambak, dan parahnya lagi si hairstylist selalu nyuruh untuk lurusin rambut.



Insecure? BANGET. Sekarang pertanyaannya, gimana mau pede kalau orang-orang di sekitar aja menganggap rambut keriting itu jelek dan harus dilurusin. Aku sendiri butuh waktu yang lamaaa banget untuk bisa gaining confidence lagi dan akhirnya pede untuk stay curly. Ini nih TOP TIPS dari aku untuk semua perempuan berambut keriting diluar sana:


  • Kalau udah terlanjur dilurusin, sabar dulu! Memang harus lewatin fase punya 2 jenis rambut dalam 1 kepala. Tunggu sampai keritingnya tumbuh panjang, sambil bagian lurusnya dipotong sedikit-sedikit. Untuk menyamakan, bagian yang lurusnya bisa dipakein curling iron lalu dibikin ponytail biar enggak terlalu keliatan perbedaan keriting & lurus. 
  • Kuncinya ada di diri sendiri, selalu bilang ke diri sendiri bahwa "aku cantik dengan rambut keritingku". Once kita udah pede, mulai beranikan diri untuk urai rambut di depan umum.
  • Kalau orang di jalan ada nanya: "Mbak rambutnya asli?",  jangan langsung minder dan menganggap diri aneh. Jawab aja yang pede dan senyumin itu orang, so they know that you proud of your curls.
  • Hal yang wajar kalo ada orang di jalan ngeliatin dengan tatapan aneh, dan tatapannya itu ada 2 arti: "rambut lo aneh banget" atau "rambut lo keren banget", selalu anggap bahwa mereka mikir rambut kita keren. That's it.
  • Punya temen yang selalu komentar soal rambut keriting kamu dan terus-terusan nyuruh kamu lurusin rambut? Nah perlu dipertanyakan apakah masih perlu berteman dengan orang yang enggak supportif dan cuma bisa menambah sisi negatif dalam hidup kamu.
  • Jangan lupa untuk selalu TREAT YOUR CURLS RIGHT. Aku udah banyak banget kasih tips perawatan rambut keriting, bisa klik labels 'hair' di kolom kanan blogku.
  • Mau gimanapun bentuk keritingnya, menurutku penting untuk set 'keriting yang kita mau' jadi kita juga lebih pede. Kalau aku pribadi, aku sendiri maunya rambutku enggak frizzy dan enggak terlalu mengembang, jadi aku selalu pakai curl cream dengan cara yang pernah aku post di video Youtube ini. Walaupun banyak orang bilang rambutku makin ngembang makin kece, I still set my own standard dengan menjaga supaya keritingku enggak terlalu ngembang. 
  • Kalau pergi ke salon, cari salon yang bener-bener bisa menangani rambut keriting supaya kamu juga enggak down karena diperlakukan semena-mena. Kalau aku, udah soulmate banget sama Toni & Guy di Plaza Indonesia. Menurutku salon gak usah harus yang mahal sih sebenernya, yang penting kamu nyaman dan juga sesuai dengan budget. Belum nemu salon yang pas? Jangan bosen untuk selalu cari informasi dan coba-coba perawatan disana.
  • Banyak-banyakin follow akun curly girls di Instagram, tanpa disadari hal itu menambah rasa pede lho!
  • Last but not least, take selfie of you and your curly hair and tell the world that you are proud of your curls!

Percaya enggak percaya ketika kita pede dengan keunikan kita, ternyata banyak orang yang juga akan merasakan positif vibes kita. The key is: love yourself first!


With love,
Agnes Oryza


11 comments:

  1. aku juga sempat nggak pede dgn rambutku yang kasar, keras dan mengembang, saking dilemanya aku putuskan untuk smoothing 2 kali. alhasil rambutku rontok parah sampai skrg, udah coba macam2 perawatan rambut tetap aja rontok, rasanya nyesel banget deh

    ReplyDelete
  2. Hi Agnes, senangnya baca tulisan kamu ini :)

    Buat teman-teman yang belum kenal/pernah ketemu Agnes secara langsung, semoga pada baca tulisan ini ya.. Pertama kali ketemu Agnes di tahun 2012, Agnes keliatan unik banget dan tampil percaya diri dibanding perempuan-perempuan seumuran Agnes lainnya. Aku sendiri selalu amazed dengan rambut keritingnya Agnes, unik dan sehat banget rambutnya, bahkan sampai sekarang tanganku sering 'gatel' pengen elus-elus rambutnya.

    Agnes jadi sosok curly girl yang bisa bawa penampilan dan kepribadiannya jadi THE NEXT BIG THING, look at her now!

    Semua perempuan termasuk aku, pasti sempat mengalami krisis kepercayaan diri, tapi lagi-lagi selalu ada seseorang di luar sana yang mengingatkan kita untuk menerima diri kita apa adanya dan mencintai diri kita sendiri. Intinya kita harus sayang sama diri kita sendiri, Tuhan menciptakan manusia pasti ada alasannya. Bisa dibilang beauty blogger/influencer di Indonesia dengan rambut unik salah satunya adalah Agnes hihihihi.

    You did an amazing job, Nes. Apa yang kamu tulis selama ini selalu positif dan membawa pembaca ikut terhanyut di dalamnya. Aku sendiri sering dapat inspirasi dari tulisan-tulisan kamu. Keep inspiring Nes! xoxo

    ReplyDelete
  3. Wiii sama dong Ka, aku juga punya rambut keriting tapi gak sekeriting kakak. Tapi tetep aja aku gak pernah pede sama rambut ku, pasti selalu aku kuncir, tapi malah rusak akhirnya aku coba buat rawat lebih baik lagi rambut aku dan usaha biar pede, akhirnya lumayan lah rambutku jadi lebih baik gak rusak lagi hehe.


    xoxo,

    KARTIKARYANI♥ | INSTAGRAM

    ReplyDelete
  4. Love ur confident vibes that u spread to the world

    ReplyDelete
  5. Again and again, thankyou so much dear kak Agnes!💕

    ReplyDelete
  6. kaa i hope you read my newest post about my definiton of beauty... here it is http://syeba-jvs.blogspot.co.id/2016/04/cantik-adalah.html. Di sini pengalaman aku juga ketika rambut aku keriting dan gimana akhirnya aku nerima rambut keriting sebagai gift dari Tuhan. Thank God i found your blog. THANKS for helping me through my hard times to treat my curls well!!

    ReplyDelete
  7. Saya punya banyak banget uneg-uneg soal rambut keriting mulai dari potongan rambut, masalah rambut megar, sampai ejekan orang kepada saya. Tapi saya bingung harus ngapain dan cerita ke mana, apalagi susah banget ketemu orang yang senasib. Kendala ini saya alami sejak SD sampai masuk kuliah, Kak.
    Jujur aja Kak Agnes jadi salah satu inspirasi saya untuk semakin pede sama rambut keriting, khususnya saat saya masuk kuliah dan Kak Agnes waktu itu jadi pendamping kelompok ospek fakultas. Saya amazed banget lho begitu liat Kak Agnes, karena kelihatan pede dan unik banget. Apalagi saat baru masuk kuliah, saya sempet takut di lingkungan baru bakal ada ejekan/julukan lain yang muncul. Tapi makin ke sini saya semakin berani dan percaya diri dengan rambut keriting. Also, your video "how to define my curls" really helps me a lot. Thank you so much Kak Agnes!

    (http://curlnology.blogspot.co.id/2014/12/hairvolution.html)

    ReplyDelete
  8. Kak agnes.. Thanks a lot.. That's inspiring. Saya berjilbab dan hampir sepanjang hari saya ikat rambut saya.. Karena pasti orang rumah bilang, kok itu rambut berantakan amat.. Lurusin aja lurusin.. Makasih ya ini inspiring banget.. I promise to be curly forever. Heheh..

    ReplyDelete
  9. Nanya dong nez...panjangin rambut curly sampe hilang bekas bonding brapa lama ya? Aku udah panjangin selama 2 tahun keritingny baru nyampe setengah leher. Mau babat habis bekas bondingny tp rambutku tebal.. megar jatuhny

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 tahun harusnya udah sebahu sihh yang keritingnya, coba rajin pakai hair mask... rambutku juga tebel, tapi kalo udah sebahu mending babat habis bekas bondingnya dan diakalin pakai leave on biar ga terlalu megar

      Delete
  10. Wah keren postingannya, kak! :) jujur aja, kakak lebih cantik dengan rambut keriting natural loh. Berbeda cerita denganku, aku justru dari lahir rambutnya luruuuuss bgt dan tipis! Dan rambutku lembutnya minta ampun, tapi justru setiap aku ke salon.. pasti orang2 salon bilang "rambutnya lembut bgt ya, jatoh bgt ya, tipis bgt ya" tp dengan nada nyindir gitu :( sedih.

    Aku justru kebalikan dari kakak, iseng2 curly rambut tp hasilnya malah jelek dan "bukan aku bgt". Dari situ aku jg mulai sadar bahwa ssuatu yg emg udh naturalnya dari lahir, pasti lebih baik bwt kita daripada ga bersyukur dan jadinya tampil beda dari diri kita yg sebenarnya. Salut sama kakak deh, blognya menginspirasi bgt! *maaf jd curcol* ^^

    ReplyDelete