Saturday, May 27, 2017

Makeup Essentials to Pack for Summer Holiday

Biasanya kalau travelling bawaan makeup aku lumayan banyak, bawa base berbagai macam, palette, lipstick minimal 5 warna... Tapi dalam Flores trip kali ini makeup yang aku bawa super minimal! Sebelum berangkat udah membayangkan selama disana enggak mungkin banget habis waktu buat ribet dandan, jadi pilih makeup essentials yang ringkas tapi bikin wajah lebih fresh. Apalagi disana super panas, makeup yang dipakai harus light. 


Percaya gak percaya, these are all I need selama trip ke Flores. Makeup yang aku pakai bisa untuk hawa dingin (contohnya pas ke Danau Kelimutu, Waerebo, dll) karena enggak bikin kulit kering, juga disaat super panas selama sailing Labuan Bajo karena enggak melt dan cakey di kulit. 


1. Gunakan base yang ringan di kulit, tidak cakey, dengan coverage light/medium. 
Saranku sih bisa pilih makeup base seperti tinted moisturiser atau light BB Cream. Tadinya aku mau bawa Laura Mercier Oil-Free Tinted Moisturiser, tapi setelah coba Paul & Joe Gel Foundation  langsung jatuh hati! Paul & Joe Gel Foundation walaupun judulnya 'foundation' tapi tekstur gel-nya amazing banget, super lightweight tapi coveragenya bagus. Lebih mantapnya lagi dipake di Labuan Bajo yang panasnya minta ampun enggak cakey sama sekali! Pas lagi banyak main di pantai, Paul & Joe Gel Foundation ini aku apply sebagai concealer di area yang perlu dicover aja (misalnya: bekas jerawat).
*PS: tanpa setting powder juga oke banget lho, wajahku enggak cepat berminyak.


2. Pilih blush, bronzer , dan highlighter non-powder untuk staying power lebih lama dan hasilnya natural.
Kalau lagi liburan terutama di pantai, it's a big no no untuk pakai makeup yang too much. Paling bagus kalau kulit kita  terlihat seperti 'dari sananya bagus'. Apalagi dengan cuaca panas, penting untuk pilih makeup yang enggak mudah cakey dan terlihat menyatu di kulit. Blush, bronzer, dan highlighter yang aku bawa semuanya dalam format liquid yang sheer dan tahan lama:

Bronzer liquid dari Benefit ini baguuuss banget di kulit, tekstur liquidnya seperti gel jadi enggak lengket dan mudah di-blend. Warna bronze-nya juga pas, hasilnya enggak bikin kulit orange.

Cheek & Lip StainBenefit Benetint Cheek & Lip Stain (rose shade), Benefit Chachatint Cheek & Lip Stain (peach shade)
Praktis banget karena bisa dipakai di bibir dan pipi, mudah di blend, hasilnya natural tapi tetap 'terlihat' (bukan samar-samar gak jelas), dan staying power-nya nice! Aku bawa 2 Benetint travel size supaya bisa ada alternatif warna dan ganti-ganti.

The best highlighter stick ever! Packaging-nya imut, gampang dibawa. Kalau lagi butuh makeup tebal memang enggak terlalu kelihatan, tapi buat everyday holiday look bagus banget!! Kulit kayak glowing dari sananya, sama sekali enggak kelihatan lagi pakai highlighter. Dengan kata lain, shimmernya super halus dan bisa dipakai siang hari.




3. Pilih tinted lip balm atau lip stain sebagai alternatif lipstick.
Kemarin selama trip bawa satu lipstick sih di tasku tapi jarang banget dipakai karena lagi pengin no-makeup makeup look. Trik favoritku adalah pakai lip stain dulu, lalu layer dengan tinted lip balm seperti Benefit Benebal. Benebalm ini tinted lip balm andalan banget, karena warnanya bikin bibir terlihat segar dan lembap banget! 


4. Waterproof eyebrow product.
Cewe-cewe pasti enggak mau difoto kalau alisnya belum ready. Thank God buat yang udah sulam alis karena enggak perlu repot mikirin itu... Tapi aku punya kunciannya:

- Untuk yang punya alis tebal, cukup sisir alis dengan eyebrow mascara waterproof. Favoritku Benefit Gimme Brow Volumizing Eyebrow Gel
- Untuk yang alisnya tipis dan perlu digambar, recommended pakai BCL Disney Eyebrow Pencil & Liquid Browlash EX (bisa dibeli di Kay Collection). Jadi produknya dua sisi gitu, satu pensil dan sisi satunya lagi eyebrow pen waterproof.

Walaupun udah nyemplung ke laut, lumayan lah alis enggak hilang dan di foto tetap kece!


5. Setting powder penting terutama untuk yang punya oily skin.
Dengan segala liquid products yang aku jabarkan tadi, penting buat pemilik kulit berminyak untuk set make up dengan setting powder yang bisa hold minyak dengan baik. Andalan banget pakai Benefit POREfessional Agent Zero Shine, selain bisa membantu kulit jadi lebih matte packagingnya juga travel-friendly banget enggak perlu bawa brush terpisah.


6. Pilih eyelash extension dibandingkan waterproof mascara.
Bukan karena aku udah 2 tahun pakai eyelash extension non stop ya, tapi kalau kamu memang pengin kelihatan lebih 'dandan' tanpa harus effort ya lebih baik pakai eyelash extension. Sepengalamanku sih pakai waterproof mascara tetap aja suka luntur ke pipi, selain itu membersihkannya juga setengah mati! Dipakai berenang atau snorkeling di pantai juga enggak masalah selama pakai googles, terus kamu bakal keliatan kece bahkan pas baru bangun tidur.


Beberapa hari setelah kembali dari Flores, karena kulit masih super tanned jadi makeup yang dipakai masih sama kayak di pantai :D


Semoga infonya berguna ya untuk kamu yang ingin berlibur ke pantai!


*Related post:

With love,
Agnes Oryza



1 comment:

  1. Paul and joe gel foundation nya bisa beli dimana yah kalo di jakarya ?

    ReplyDelete