Wednesday, May 17, 2017

Travel Beauty Essentials: Flores

Sudah baca postinganku sebelumnya mengenai Flores trip dan baju apa yang sebaiknya dipakai? Berhubung selama seminggu trip tempat yang didatangi berbeda-beda cuaca dan kondisinya: mulai dari Danau Kelimutu yang dingin hingga sailing di Labuan Bajo yang super panas, artinya beauty products yang dibawa enggak boleh ribet dan bisa masuk di segala cuaca. Apa aja sih produk perawatan yang aku bawa ke Flores?




Di Flores variasi brand yang tersedia di supermarket tidak sebanyak dan selengkap di kota besar, jadi penting banget untuk prepare produk perawatan yang akan dibawa apalagi buat yang kulitnya agak rewel dan harus pakai produk khusus. Intinya dengan mobilitas yang tinggi disana (tiap hari pindah tempat menginap, mulai kegiatan dari subuh) usahakan produk yang dibawa adalah travel-friendly, baik itu beli yang travel size maupun memindahkan produk yang biasa dipakai ke wadah/packaging yang kecil.


BODY CARE

Shower Gel
Untuk sabun mandi sih bawa aja yang biasa dipakai. Kebetulan di rumah sabunnya gede-gede wadahnya, dan pas lagi punya travel size NUXE Rêve de Miel Face & Body Ultra-Rich Cleansing Gel yang bisa dipakai buat badan dan muka! Praktis banget buat travelling gini...

Body Moisturiser
Kulit badanku kering banget, kalau bawa body lotion sih enggak bakal ampuh. Kalau bawa body butter, takut terlalu lengket. Pilihan akhirnya jatuh kepada NUXE Huile Prodigieuse Multi Usage Dry Oil yang multifungsi banget tapi enggak lengket di kulit. Selain dipake di badan bisa apply juga sebagai vitamin rambut.

Body Sunscreen
Setiap ke pantai aku hobinya pakai tanning oil aja sebenernya biar coklatnya bagus, tapi saran Febrian katanya di Flores khususnya Labuan Bajo puanaass banget jadi bahaya bisa kebakar kalau enggak pakai sunscreen. Akhirnya aku apply Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen Lotion SPF 50+ sebelum pakai tanning oil untuk melindungi kulit. Saranku sih pakai body sunscreen minimal SPF 50 dan pilih yang water-resistant.

Tanning Oil
Tanning oil yang kupakai setiap ke pantai adalah Banana Boat Protective Tanning Oil SPF 15. Supaya coklatnya bagus dan enggak 'hitam keling', setelah apply tanning oil aku berjemur dulu  (bolak-balik biar rata) lalu masuk ke air, main-main di laut, pas balik ke pantai keringkan badan dengan handuk lalu re-apply tanning oil. Lakukan setiap hari selama sailing di Labuan Bajo, pasti kulit kamu tan-nya bagus!

After-sun Care
Penting banget nih bawa after-sun care apalagi setelah kulit kepanasan seharian! Untung kemarin bawa Banana Boat Aloe After Sun Gel, kepake banget soalnya aku ada sedikit sunburn di bagian punggung atas karena apply sunscreen-nya enggak rata :p Kulit jadi calm dan dingin lagi... Aloe gel ini bisa juga diapply ke wajah.




FACE CARE:

Cleanser
Sudah bertahun-tahun aku enggak bisa lepas dari micellar water karena praktis, tanpa bilas, dan enggak lengket di kulit. Berguna banget pas travelling apalagi selama sailing di Labuan Bajo kan minimal banget makeupnya, terus harus hemat air bersih selama di kapal. Dari sekian banyak micellar water yang ada di pasaran, favoritku tetap Bioderma Sensibio H2O  (travel size).

Kalau pakai base make up seperti BB cream atau foundation, setelah pakai micellar water aku pakai milk cleanser Avene Extremely Gentle Cleanser (travel size) yang mild banget tapi efektif mengangkat make up. Sama sekali enggak lengket!

Selama sailing aku minim banget cuci muka, tapi pas mandi pakai NUXE Rêve de Miel Face & Body Ultra-Rich Cleansing Gel sekalian aja cuci muka, praktis banget shower gel bisa sekalian jadi facial wash :)


Toner
Dalam keadaan apapun pakai toner penting banget supaya kulit bersih tuntas sebelum pakai pelembap. Aku bawa hydrating toner Frozen Age Verglass Toner (travel size), yang kalau dipakai habis kulit kepanasan pun enggak apa-apa. Exfoliating toner ditinggal aja di rumah, karena bikin kulit lebih sensitif kalau terkena matahari.

Oh iya WAJIB bawa Avene Thermal Spring Water Spray 50ml karena kita enggak tahu kualitas air di destinasi travelling apalagi buat yang kulitnya rewel dan sensitif. Bermanfaat banget bawa face mist, kalau terpaksa enggak ada air buat cuci muka bisa dipakai. Paling enak juga kalau habis kepanasan selama sailing, kulit lebih calm dan dingin setelah di-spray.


Moisturiser
Sebenarnya untuk pelembap bawa aja yang biasa dipakai di rumah, tapi saranku jangan bawa skincare yang whitening atau terlalu thick teksturnya terutama kalau sailing di Labuan Bajo karena panas banget! Tadinya aku bawa lengkap Frozen Age Verglass Essence dan Frozen Age Verglass Moisturiser (travel size), tapi ternyata ribet pakai pelembap lebih dari satu step. Akhirnya setiap selesai spray pakai Avene Thermal Spring Water Spray, dalam keadaan lembap aku apply Avene Skin Recovery Cream (travel size). That's it!


Sunscreen
Sunscreen yang aku pilih buat wajah adalah Avene Very High Protection Cream SPF 50+ , selain aman buat kulit sensitif sekalipun, formulanya water resistant, dan enggak heavy.


*PS: aku banyak bawa produk Avene karena di Guardian lagi banyak Avene travel size set yang affordable dan isinya lengkap.


HAIR:

Aku bawa Renee Furterer Forticea Shampoo (dipindahin ke tube kecil) dan Pantene 3 Minute Miracle Conditioner (travel size) untuk keramas, dan styling cream Moroccan Oil Curl Defining Cream yang lembap banget juga bisa mempertahankan bentuk keritingku rapi seharian. Pas rambutku kusut setelah dari pantai, tinggal bilas air bersih dan apply Moroccan Oil cream ini rambut langsung lembut lagi!


Semoga berguna yaa tipsnya, next aku akan tulis makeup product apa yang penting untuk dibawa dalam Flores trip. Stay tune!


*Related post:
Trip to Flores + What to Wear
Makeup Essentials to Pack for Summer Holiday

With love,
Agnes Oryza





1 comment: