Friday, December 27, 2013

Curly Haircut Tips

Sejujurnya aku paling males ke salon untuk urusan rambut karena seringnya rambutku ditarik-tarik pas nyisir, dan enggak semua sabar untuk menangani rambut yang keriting. But I reaaally need to go kalau merasa rambutnya udah kepanjangan, kusut, dan mulai susah disisir. I wanna share some haircut tips for curlies! 


Kadang rambut keriting bingung kan kalau potong harus gimana, apakah harus potongan rata, segi, di-trap atau gimana? Thank God kalau kamu memang bisa menemukan hairstylist yang terbiasa dengan memotong rambut super keriting kayak aku gini., tapi kalau enggak, kamu harus tahu gimana sih model potongan yang pas untuk rambut keriting.

Tips berikut ini untuk yang rambutnya kinky curly kayak rambutku yaa... (tiap jenis rambut keriting mungkin butuh penanganan yang enggak sama):
  • Jangan potong rambut dengan model rata, karena nanti ketika rambut sudah kering bakal mengembang dan malah gak akan rata hasilnya.
  • Biasanya aku memilih potongan agak segi, jadi bagian depan sedikit lebih pendek dari bagian belakang.
  • Hairdresser yang biasa menangani rambutku pernah bilang kalau rambut keriting kayak aku gini jangan di trap berlebihan (bagian luar rambut lebih pendek dari bagian dalam). Jangan sampe deh kalau rambut keriting gini bagian luar rambutnya pendek banget, bagian dalam rambutnya panjang banget. A big no no! Nanti kesannya rambut bakal 'menggumpal' enggak beraturan. Aku suka kalau bagian paling luar rambut lebih pendek sedikit, lalu makin ke dalam makin panjang (seperti foto pertama diatas). Kalau dilihat dari samping bentuknya lebih bagus :)
  • Ingat kalau rambut keriting itu pas kering bakal lebih pendek dan lebih ngembang, jadi dikira-kira jangan kepedean bilang ke hairdresser untuk potong lebih pendek (karena potong rambut pasti dalam keadaan basah), pas kering tau-taunya shock karena kependekan.
  • Last but not least.... kalau kamu punya sisir khusus atau shampoo khusus atau apapun itu, bawa aja ke salon. Aku bawa Tangle Teezer ke salon supaya pas disisirin enggak sakit. Pokoknya bawa aja kalau emang kamu punya produk andalan sendiri, mereka juga enggak akan keberatan :)



FAQ (Frequently Ask Question):

  • Potong rambut untuk yang keriting bagusnya dimana ya? Jujur aja aku juga enggak pernah ganti-ganti hairdresser, aku biasa potong di salon Wid's deket rumahku di Bandung. Yang paling penting tuh cari info hairdresser yang bisa menangani atau memotong rambut keriting, bukan salon apa dan dimana. Salon mahal juga belum tentu lho hairdressernya bisa memotong rambut keriting. Kalau ragu, coba dulu potong jangan terlalu pendek, lihat hasilnya bagus apa enggak. Kalau bagus berarti bisa dijadikan hairdresser langganan kamu seterusnya.


Memang sih di Indonesia ini keriting memang minoritas, makanya enggak salah kok kalau pas ke salon dan si mbaknya atau hairdressernya melakukan hal yang enggak nyaman di kita, kita bisa bilang. Aku pernah ke salon dan mbaknya yang cuciin rambut tuh kasar banget, rambut aku kayak dikucek keras gitu alhasil pas kering jadi super kusut. Sering juga mbaknya yang nyisir rambut kita dalam keadaan basah tuh enggak sabaran, sakit jadinya ditarik-tarik dan nyisirnya enggak pelan-pelan dari bawah ke atas. Bilang aja jujur kalau memang enggak nyaman, daripada akhirnya rugi sendiri!


Kali ini aku potong rambut agak lebih pendek dari biasanya, biar lebih fresh aja karena kemarin udah kepanjangan banget dan lebih kusut soalnya kering bagian ujung-ujungnya. Love the result!


New haircut photoshoot sekalian juga OOTD (Outfit Of The Day) untuk Pla yang udah berbaik hati sponsorin lamb skin loafer yang super comfy... Cek langsung ke website mereka atau dateng ke storenya di Plaza Senayan dan Plaza Indonesia :)



Thank you for reading,
have a nice day!
xoxo


Photos by Klisman Christianson Pasaribu

8 comments:

  1. aku suka rambutnya,exotic:)
    d lain pihak byk orang yg g suka rambut keriting

    ReplyDelete
  2. Nice post !
    betul ituu ..rambut tipe keriting itu jarang , sejarang salon yg menangani rambut keriting .. dulu aku pernah potong di salah satu mall .. ternyata di trap sama capsternya , and oh no .. keluar dan melengkung lengkung keluar dan dipotong kependekkan .. sampai saat itu ga pernah mau potong rambut :(

    ReplyDelete
  3. ka agnes biasa potong di wids mana? terus yg potongnya namanya siapa? yg biasa potong rambutku tiba2 menghilang nih huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kakak di bandung?
      sekarang udah dapet tempat potong rambutnya di mana dan siapa nama yg motong? aku baru di bandung dan nggak ngerti mau potong di mana :(

      Delete
  4. Gua pernah, sangkin susahnya percaya sama hair dresser, akhirnya belajar potong rambut keriting gua sendiri. Alhasil, 3 tahun gua potong sesuka hati di kamar mandi. Di tahun ke 4, after maybe 4-5 solo cuts, gua baru berani memberikan kepercayaan ke orang salon untuk pegang rambut gua.

    Sekarang, karena pindah ke Jakarta.. gua harus cari hairdresser baru. OMG, the fear!! Any recommendations?

    j

    ReplyDelete
  5. Glad to see fellow curlies! :)) Boleh dong, minta rekomendasinya hairdresser yang bisa potong rambut keriting (mine is more a mix of curly and wavy). Kalo bisa di Jakarta atau Bandung yaa :) Kalo takut dikira sponsor, hehe, email ke aku aja yah di ailuro_aurora@yahoo.com. Thanks so muchhh

    ReplyDelete
  6. hai salam kenal, agnes.. seneng baca blog kamu, coz aku juga punya rambut kayak rambut kamu... Dan aku suka bingung nih cari salon yg pas.. Boleh minta recommendnya gak salon Wid's itu dmn?? Soalnya posisi aku jg di Bandung :) thx before

    ReplyDelete
  7. Hai kak :). Salam kenal yaa hehehe. Aku juga punya rambut sama. Tapi rambut aku makin dibiarin makin ngembang gak karuan gitu. Udh gitu kusut dan susah bgt disisir. Akhirnya selalu dikepang supaya gak ngembang lagi. Boleh minta sarannya gak kak? Aku harus pake produk apa? Thx :)

    ReplyDelete