How to: Sun-kissed Skin

Sebelum aku liburan ke Bali, aku tanya ke Harumi (mytipscantik.com) gimana sih caranya supaya di pantai bisa dapet kulit tanning yang bagus, karena kalau lihat update-nya Harumi di Instagram waktu liburan ke pantai, tanningnya bisa perfect banget! Setelah mencoba tipsnya sendiri waktu liburan minggu lalu, it really works on me... Now I want to share the tips for you ;)



The must-have item untuk bisa tanning di pantai: TANNING OIL. Di supermarket atau Guardian kebanyakan sih adanya merk Banana Boat dan Hawaiian Tropic. Aku memilih Banana Boat Protective Tanning Oil SPF 15 (harganya sekitar 178rb, waktu itu diskon).


Tips untuk mendapatkan kulit tanning di pantai:
1. Pilih tanning oil yang SPFnya paling tinggi, biasanya paling tinggi tuh SPF 15. Kenapa harus SPF yang paling tinggi, karena aku pribadi sih biar praktis langsung protective, jadi enggak usah double pakai sunblock.

2. Pagi-pagi setelah mandi dan pakai swimwear, aku langsung mengoleskan tanning oil di seluruh tubuh (tidak memakai body lotion). Tipis-tipis aja yang penting rata, kalau terlalu banyak malah lengket dan lama menyerap. Setelah itu swimwear di double oleh baju tipis. Tanning oil enggak akan menempel dan membekas di baju.

3. Dari hotel ke pantai yang dituju aku membutuhkan perjalanan dengan mobil, jadi selama di mobil tanning oil bakal meresap. Belum lagi mampir-mampir sarapan dan pergi ke tempat lain dulu. Beda cerita kalau kamu menginap di hotel yang ada private beach dan bisa langsung berjemur, all you have to do is just go straight to the beach ;) jadi pakai tanning oil setelah mandi ini aku kayak ritual pakai lotion aja, karena kulitku kering banget. Tanning oil membantu supaya kulitku enggak kering di jalan.

4. Waktu di Bali kadang aku apply tanning oil habis mandi pagi, lalu jalan-jalan, dan ke pantainya baru siang. Setelah sampai di pantai aku apply ulang tanning oil, lalu berjemur dulu sekitar 15 menitan.

5. Setelah berjemur aku main dan berenang di pantai, air laut membantu supaya kulit kamu lebih cepat tanning.

6. Keringkan badan setelah main di air dan re-apply lagi tanning oil, lalu berjemur lagi. Sewaktu berjemur memang posisinya lebih baik tiduran, lalu jangan lupa balikkan badan supaya tanningnya rata (enggak belang, cuma bagian depan doang).

7. Lakukan berulang-ulang sesuai yang diinginkan, setelah selesai apabila pantai jauh dari hotel ya bilas aja dulu di shower, lalu aplikasikan aloe vera gel supaya kulit lebih dingin setelah dijemur seharian. Sampai di hotel baru deh mandi lengkap dan pakai body lotion / body butter supaya kulit lembap. Kulit lembap membantu tanning bertahan lebih lama.


See, kulitku berubah jadi sun-kissed tan! Seneng banget ternyata cara ini berhasil, thanks Harumi! Hasil tanning bisa lebih oke kalau memang berjemurnya enggak diforsir satu hari seharian, tapi bertahap sekitar 3-4 hari, sehari main di pantai sekitar 1-2 jam. 

Sebenarnya tanning menggunakan sunblock juga bisa, tapi pakai tanning oil hasilnya bakalan lebih gold dan cokelat, bukan item keling kayak kebanyakan main layangan. Hehehe... Selain itu hasilnya juga bisa lebih tahan lama, really worth to try! Kulitku termasuk yang susah buat tanning lho, tapi cara diatas berhasil banget. Love the result...

Aku juga lebih memilih untuk berjemur memakai bikini karena bagian perut dan punggung bisa ikutan tanning juga, lebih rata seluruh tubuh. But it's your decision! Baju renang one piece is still fine, pick your fave  swimwear :)


Ready to have a nice sun-kissed skin?
Thanks for reading!


See here for beach beauty tips.

Comments

  1. Wahh pengen punya kulit kayak kak agnes susah tanned, kalo aku pas januari lalu kena panas 20 mnt aja lgs itam dan sampe skrg gak kembali ke warna semulanya :(

    ReplyDelete
  2. mbak ini bisa di-apply di wajah nggak? wajah ku rada berjerawat soalnya takut makin-makin ;O

    ReplyDelete
  3. Mbak, Mau Tanya, kalau habis tanning balik ke warna kulit semulanya berapa lama ya Kira Kira? Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 2 bulan sih kulitku balik lagi ke semula :)

      Delete
  4. mbak mau tanya dong, bedanya tanning oil sama tanning lotion apa ya?terus tanning lotion hawaian tropical dgn spf 5 itu cocok nggak buat kulit indonesia?terimaksih :)

    ReplyDelete
  5. jual tanning oil di bali dimana ya?

    ReplyDelete
  6. Kak, kulit ku warnanya ga rata tapi aku mau tanning, ada tips ga? Kebelet banget dari dulu kepengen punya kulit tan tp takut salah caranya.

    ReplyDelete
  7. Klo buat wajah pke cream tanning merk apa dong yg bagus mba? tlg infonya

    ReplyDelete
  8. Hello, mau tanya, aku perhatiin kalau cuma pakai sunblock, gosong yang kudapet jadi rada hitam keling gitu instead of coklat karamel glowing. Apakah Kalau disunblock-in dulu badannya (misal pakai bananaboat spf 50) and then ditomplok bananaboat tanning oil.. bakal jadi aneh atau kayaknya fine-fine aja ya? Soalnya ngga terlalu pengen yang coklat juga. Mohon suggestion, apakah kalau udah pake sunblock, ga usah pake tanning oil lagi, dan begitu juga sebaliknya? Atau bisa dipakai berbarengan. Thank youuu

    ReplyDelete
  9. Halo kak agnesss, tanningnya di pantai mana nih? Aku juga mau tanning, tp masih banyak orang terlalu "terbelalak" melihat cewek berbikini, masih tabu :( padahal niatnya kan buat tanning.. Makasih kak

    ReplyDelete

Post a Comment