Wednesday, October 19, 2016

Mitos Ketombe

Sewaktu diundang oleh CLEAR dalam rangka kampanye "Indonesia Bebas Ketombe", aku mendapatkan insight yang bagus banget dan menjawab segala pertanyaanku selama ini tentang ketombe. Yes, pasti kamu juga sebel kan sama ketombe? Gatal, enggak nyaman, dan jadi anti pakai baju hitam karena takut kelihatan! Nah berikut mitos dan tips ketombe yang wajib kamu ketahui:


1. Mitos: ketombe penyebab kerontokan rambut
Faktanya: para ahli kulit kepala menyatakan bahwa ketombe tidak ada kaitannya dengan peningkatan kerontokan rambut.

2. Mitos: shampoo anti-ketombe menyebabkan rambut patah
Faktanya: rambut patah biasanya terjadi ketika sedang menyisir rambut yang sudah rusak akibat proses kimia seperti pewarnaan. Shampoo CLEAR Anti-Dandruff dapat melindungi rambut agar tidak patah.

3. Mitos: begadang menyebabkan ketombe
Faktanya: orang yang begadang biasanya kurang tidur, dan kurang tidur memiliki akibat buruk untuk kulit. Riset menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengurangi lemak pada kulit sehingga rentan terkena iritasi. Kulit kepala termasuk bagian dari kulit, maka kurang tidur juga dapat menjadi salah satu faktor timbulnya ketombe.

4. Mitos: stres dapat menyebabkan ketombe
Faktanya: stress dapat memicu tingginya cortisol atau hormon stress pada tubuh, hal ini memperlambat proses penyembuhan alami kulit serta timbul kemungkinan masalah kulit lainnya. Karena kulit kepala termasuk bagian dari kulit, maka stres secara psikologis juga dapat menjadi salah satu faktor timbulnya ketombe.



Tips menjaga agar kulit kepala tetap sehat bagi yang sering berkendara dengan motor:
Nah pasti hari gini banyak kan yang kemana-mana naik motor, apalagi saat ini sedang masanya 'ngojek'. Ngojek, lalu pakai helm umum. Ternyata spons dalam helm mengandung banyak sekali kuman. Kuman dari kulit kepala sendiri aja udah banyak, apalagi dicampur sama punya orang. Hiyyy.... Makanya paling aman untuk selalu menggunakan pelindung kepala seperti hair cap sebelum memakai helm agar kebersihan rambut tetap terjaga dan terhindar dari masalah kulit kepala.

Tips menghindari ketombe bagi pecinta olahraga:
Setiap selesai berolahraga disarankan untuk keramas dengan Shampoo CLEAR Anti-Dandruff untuk menghilangkan sisa keringat yang menempel dan menjaga dari ketombe.

Tips menghindari ketombe bagi pengguna hijab:
Pengguna hijab biasanya lebih rentan berketombe karena rambut dan kulit kepala menjadi lembap. Hal ini dapat dihindari dengan penggunaan Shampoo CLEAR Anti-Dandruff secara teratur agar mengurangi gejala ketomber sejak keramas pertama.


Makanan yang menyehatkan rambut & kulit kepala adalah yang mengandung:
1. Beta carotene: untuk kesehatan mata, rambut, dan daya tahan tubuh. Ditemukan pada sayur atau buah berwarna orange seperti wortel.
2. Lycopene: berfungsi sebagai antioksidan, terdapat pada buah dan sayuran berwarna merah seperti tomat
3. Lutein: dapat membuat rambut menjadi berkilau dan mencegah masalah rambut. Terdapat pada kuning telur, juga sayuran hijau seperti bayam, kale
4. Resveratrol: berfungsi untuk melawan bakteri dan mikroba serta mencegah rambut dari kekurangan nutrisi seperti anggur ungu dan merah, blueberries, crandberries, lingonberries, kacang, pistachios



Diskusi seputar ketombe dari Lusia Collins (Unilever Global R&D), Sandra Dewi (Brand Ambassador CLEAR), dan Reisa Wardhana (founder of 3 Skinny Minnies) ini berguna banget, intinya selain menggunakan produk yang tepat kita juga harus menjaga kesehatan kulit kepala dari dalam dan lifestyle yang teratur. 


Selain talkshow, CLEAR juga memiliki aktivitas CLEAR Ice Cool Bus yang hadir di 15 kota di Indonesia (diikuti hampir 1 juta orang) untuk mengajak masyarakat Indonesia menjaga kesehatan kulit kepala. 



Thanks for invited me, CLEAR Indonesia!


With love,
Agnes Oryza

Follow my blog with Bloglovin


*this is a sponsored post in collaboration with CLEAR Indonesia

1 comment:

  1. Sis mau tanya.. Kalau rambut keriting perawatan nya sulit ga ya?

    Mampir yuk
    click to see my blog www.Mianmakeup.Com

    ReplyDelete