Thursday, October 13, 2016

One Day Juice Cleanse Experience

I'm so into balance lifestyle nowadays. Yes, balance. Aku lebih memperhatikan apa yang masuk ke tubuhku dan enggak sembarang makan. Intinya sih seimbang aja, jadi disela menu sehat aku juga sekali-kali masih makan McD, nasi padang, dan makanan super enak lainnya. Naaahh sejak menerapkan balance lifestyle, aku penasaran banget sama yang namanya juice cleanse atau juice detox (dulu sih sama sekali enggak kepikiran mau coba). Googling sana-sini, ternyata ada pro dan kontra sih sebenarnya mengenai juice cleanse.... Tapi karena terlalu penasaran akhirnya aku coba juga 1 day juice cleanse sebagai permulaan!


Kok bisa kepikiran buat cobain juice cleanse? Waktu itu dalam seminggu aku super hectic dan pola hidup berantakan. Rasanya lelah luar dalam, badan serasa 'berat', capek, kulit rewel, belum lagi jadi makan segala mulai dari junk food sampai processed foods yang ringkas dan cepat... I know that I need a detox! Kebetulan pas weekendnya aku free, jadi aku memutuskan untuk stay di apartment, santai, sambil 1 day juice cleanse supaya badan 'di-reset' lagi dan minggu selanjutnya badan udah lebih segar. Sounds good.



Nah beberapa hari sebelum mulai juice cleanse, pastinya aku udah research sana-sini:

  • Kalau googling sih katanya juice cleanse itu jangan terlalu lama karena tubuh kita masih banyak butuh nutrisi diluar hanya makan sayur dan buah, apalagi dalam bentuk cairan. Kebanyakan merekomendasikan detox hanya 1 hingga maksimal 5 hari. Berhubung aku baru pertama kali mau coba dan detox-nya akan dilakukan saat weekend, aku memilih 1 hari saja. Belum kebayang aja sih minum juice doang berhari-hari... takut pingsan! Hahaha.
  • Bikin juice sendiri tuh bagus, tapi ribet banget kalau harus bikin beberapa macam juice berbeda dalam satu hari jadi aku memutuskan untuk cari cold pressed juice aja di Instagram. Hmm beberapa seller juice ternyata udah punya program juice cleanse, harganya bervariasi mulai dari 200 hingga 500ribuan per package. Pilihanku jatuh kepada Instagram @potioneaa karena dulu aku pernah cobain juice-nya dan suka banget, ternyata dia punya program 1 day seharga 280rb yang terdiri dari 6 macam juice (masing-masing 500ml). Pas!


Ingat, pesen juice-nya harus dari beberapa hari sebelum hari-H (hari detox) supaya sellernya bisa proses pesanan dan mengantarkan pas pagi di hari-H. Jadi bukan pesan di hari detox, kalo minum juice-nya baru siang keburu laper yakaann...


Oke, pas hari detox (Sabtu) aku udah bangun pagi-pagi karena pesanan juice diantar kurir jam 7 pagi. Wuihhh juice-nya ada 6 macam, sekilas tampak menyenangkan dan warna-warni, enggak seburuk yang dibayangkan. Udah gitu Potioneaa juice ini udah kasih label jam minum di botolnya supaya enggak ke-skip. Nah kalau gini lebih gampang kan seperti ada reminder supaya enggak kelupaan atau bingung harus minum yang mana dulu.


Kalau dilihat dari menunya sih mulai minum botol pertama jam 8 pagi, lalu setelah 2 jam minum botol kedua dan seterusnya.

8 AM:
Mulainya lancar, on time jam 8 aku udah minum juice pertama yang banyak terdiri dari greens. Seger banget, begitu minum juice pertama aku udah ngerasa kenyang.

11 AM:
Harusnya juice kedua aku minum jam 10, tapi rasanya jam 10 masih kenyang banget. Maklum, biasanya aku kalau sarapan juga enggak banyak dan bisa bertahan sampai siang. Setelah menghabiskan juice kedua, baru berasa mulai pengin ke kamar mandi.

1 PM:
Lapernya pas sih karena udah jam makan siang, tapi setelah minum juice ketiga perut udah kembali kenyang. Sambil minum juice aku sambil ngetik-ngetik dan browsing di laptop dan enggak ada rasa lemas.

3 PM:
Setelah juice keempat, udah ga ngerti lagi berapa kali bolak-balik ke kamar mandi! Untungnya lagi di rumah aja siang itu (udah keputusan paling tepat). Eitss... tapi setelah ini harus siap-siap buat ke gereja untuk misa sabtu sore.

7 PM:
Sebelum misa di gereja, aku enggak berani minum juice kelima karena takut sakit perut atau bolak-balik pengin pipis. Jadi juice kelima yang harusnya aku minum jam 5 sore aku skip setelah pulang gereja jam 7 malam. Nah pas misa kerasa lapeeerr banget karena kan harusnya pas perut kerasa laper tadi pas jadwalku minum juice. Udah gitu tadi setelah pulang gereja sempat mampir supermarket dulu buat beli buah, duilaaahh godaann liat cemilan tuh berat banget!

9 PM:
Di program harusnya detox beres jam 6, tapi aku beresnya jam 9 malam. Untuk badanku sih pas karena kalau jam 6 aku udah selesai minum, bingung misalkan lapar di jam-jam menjelang tidur malah jadi ngidam makanan macem-macem.



Keeseokan paginya di hari Minggu, aku bangun dengan badan jauh lebih ringan. Yaiyalah, kemarin tuh detoxnya pol banget menurutku, apalagi dengan kejadian bolak-balik kamar mandi seharian ya pasti udah banyak yang 'terbuang' dan badan seperti di-reset. Selain itu pagi-pagi mulai makan makanan padat lagi tuh seneng banget, bisa dibilang kangen mengunyah karena kemarin seharian cuma minum aja.


Tips dari aku buat yang ingin juice cleanse:
- Rencanakan dan prepare beberapa hari sebelumnya, usahakan pas hari detox-nya santai aja di rumah dan enggak bepergian atau ada acara penting. Kenapa? Karena kamu bakalan bolak-balik ke kamar mandi dengan frekuensi yang cukup sering!
- Pergi ke mall saat detox adalah GODAAN TERBERAT. How come bisa liat abang crepes lagi nabur-naburin keju sama meses dengan aroma super mengundang terus enggak kepengin beli?
- Usahakan jarak minum juicenya teratur atau sama, jadi perut enggak akan kerasa lapar dan 'minta makan'.
- Di sela minum juice jangan lupa tetap MINUM AIR PUTIH.
- Pada saat detox menurutku masih bisa olahraga ringan seperti lari atau jalan sore, intinya sih jangan olahraga berat.
- Di pagi hari setelah selesai detox, please banget mulai makannya yang agak lembut atau mulai dari buah-buahan supaya perut enggak kaget. Waktu itu setelah detox aku kalap mata dan jajan beef panini di Starbucks untuk breakfast, pas udah makan perut berasa begah dan kaget. Tapi cuma bertahan sekitar 2 jam sih, habis itu makan udah normal lagi dan badan udah kembali enak.


Ternyata juice cleanse itu enggak seburuk yang aku bayangkan, malah kepengin deh untuk ngelakuinnya sebulan sekali. Terus aku juga tadinya mikir bakal lemes dan laper banget, tapi ternyata enggak tuh... kalau sambil di rumah aja dan minum juicenya teratur tetap kenyang dan enggak lemas.


Gimana, sudah pernah mencoba juice cleanse atau tertarik untuk mencobanya?
Yuk share di comment box karena aku kepengin tau juga pengalaman kamu!


With love,
Agnes Oryza

Follow my blog with Bloglovin

No comments:

Post a Comment