Friday, January 12, 2018

Things You Can Do at Plataran Menjangan

Tahun 2018 diawali dengan sebuah perjalanan singkat ke Bali yang sangat tidak direncanakan. Tadinya mau ada meeting dan kerjaan tapi semua pending... terus lihat my travel mates Febrian, Aris, Sarah, dan Hamzah udah pada di Bali, ya masa enggak ikut? Akhirnya 2 Januari 2018 Pk 13.00, aku booked tiket pesawat ke Bali untuk terbang 18.25 malamnya. Thank God, keputusan spontaneous ini membuahkan hasil menjadi trip terbaik yang aku alami di minggu pertama 2018. 


Kali ini kita berlima pergi ke Bali Barat dan stay 3 hari 2 malam di Plataran Menjangan yang letaknya di kawasan Taman Nasional Bali Barat, makanya luas banget dan jauh dari keramaian. Jangan heran kalau sering ketemu menjangan (rusa) , monyet, dan satwa-satwa lainnya ketika masuk kesini...


Begitu sampai kita diajak tour keliling Plataran Menjangan, lihat semua tipe villa-nya yang bagus banget. Ada yang Ocean Villa, Mangrove Villa, dan terakhir yang kita tempatin selama disini adalah Forest Villa!

Tampak depan Two Bedroom Forest Villa
Our room for 2 nights!

Two Bedroom Forest Villa ini memang cocok buat stay bersama orang-orang tersayang, kamarnya luas banget, ada halamannya, and last but not least... Bathroomnya ada yang indoor dan outdoor. Oh my terlalu cantik!

Semakin lengkap kalau bawa Lush Bath Bomb buat dipakai disini, sayangnya kemarin ketinggalan

Double sink perfect banget biar enggak rebutan dan bisa taruh semua skincare yang aku bawa tanpa diprotes roommate, LOL

Nah berhubung stay di Plataran Menjangan jauh dari keramaian dan pusat kota, jadi kita full melakukan semua kegiatan di dalam sini. Eitss, enggak bakal bosan kok! Ini dia activity yang bisa kamu lakukan selama stay di Plataran Menjangan: 


Sunset at Octagon Ocean Club
Di Plataran Menjangan ada resto namanya Octagon Beach Club yang viewnya langsung menghadap laut dan ada rooftop luas yan bisa kamu pakai buat santai. Paling enak ke rooftop Octagon di sore hari menjelang sunset biar enggak panas, sambil ngeteh dan ngemil sore seperti yang kita lakukan:

Cheers for 2018!

Hari itu cukup mendung dan kita pasrah enggak bakal lihat sunset bagus, tapi karena kita berlima selalu bersama (cieeh) jadi yaudah tetap happy aja. Dengan low expectation tiba-tiba muncul deh sunset terindah diawal 2018, saking bagusnya aku terharu sampai cry sedikit. 

Ya Tuhan indahnya langit senja kala itu


Beach Picnic Breakfast
Ini kegiatan yang paling aku tunggu-tunggu selama stay di Plataran Menjangan. Kita bangun pagi untuk tracking 2,5km menuju spot breakfast, kata guidenya berhubung bakal masuk hutan dan banyak nyamuk jadi kita disarankan pakai baju lengan panjang. Syukurlah dress yang udah aku siapkan pas banget long sleeves! Tapi bisa pakai lotion anti nyamuk aja kok biar bebas gigitan nyamuk dan serangga. 

Ready for picnic, with my bucket bag and rattan hat

Tracking masuk hutan enggak kerasa, karena jalannya juga datar aja dan guidenya sangat informatif menjelaskan berbagai tumbuhan atau hewan yang kita temui. Kesempatan juga buat menghirup udara segar pagi hari yang jarang kita dapatkan di kota.

And 2,5km walk lead us to this....



Kalau ditanya bagus aja apa bagus banget, jawabannya bagus banget banget!! Ketenangan pantai mangrove pagi hari dipadukan dengan sarapan bersama loved ones, such a perfect combo.... Setting picnic dan makanan semua udah disiapkan staff, kita tinggal duduk aja bawa diri. Makanannya lengkap banget kayak breakfast di hotel: buah, granola, susu, yoghurt, assorted bread & jam, you name it! Bahkan ada chefnya yang langsung masak di tempat, mau scrambled eggs, sunny side up, tinggal bilang aja semua bakal dimasakin.




Plataran Encounter: Ranger for a day
Ada kegiatan seru dimana kita bisa ikutin ranger yang mengawasi Taman Nasional Bali Barat, naik ke Bird View Tower untuk mencegah pemburu liar masuk, sampai melihat Tree Planting Program.


Bersama ranger di bird view tower


Spa Time at Padma Spa
Buat yang mau relax dan pijit, disini juga ada Padma Spa yang baru aja dibuka. Suasana tempat dan servicenya yang oke banget bisa kamu coba!

Padma Spa
Ruangan spa yang menghadap ke laut. Too beautiful!


Chillin' at The Pool
Kolam renang di Plataran Menjangan asik banget buat santai, apalagi viewnya langsung menghadap ke laut. Kalau aku sih suka banget 'nongkrong' disini sambil berjemur, baca buku, dan jangan lupa order fresh coconut to stay hydrated!

Rela seharian disini bermalas-malasan
Baca buku sambil berjemur di pinggi kolam


Phinisi Sunset Cruise
Jadi inget moment waktu sailing di Labuan Bajo deh! Waktu disana lihat kapal phinisi kok bagus banget, ehhh finally sekarang kesampaian naik beneran. Plataran terkenal dengan kapal phinisi-nya yang klasik dan nyaman untuk berlayar, nah kamu bisa sewa untuk sunset cruise di Plataran Menjangan nih. 

Febrian so ready mau sailing dan snorkeling sampai lupa pakai baju, cuma pakai celana renang doang
Loot at that fish!

Sore itu kita semua snorkeling dan underwaternya bagus bangeeet, ikannya warna-warni, udah gitu sempat ketemu black tip shark yang mondar-mandir dibawah kita. Woaahh such a lifetime experience! 

Afternoon tea masih dengan baju renang, karena semua kelaparan setelah snorkeling

Setelah snorkeling kita afternoon tea diatas kapal, makannya enak, dan berhubung aku tea enthusiast seneng banget pas on board tea selection-nya lengkap dari mulai chamomile sampai english breakfast. What an excellent service.


Last but not least, malam terakhir di Plataran Menjangan kita berlima beruntung sekali bisa lihat full moon setelah selesai dinner. 


Benar-benar pengalaman yang berkesan stay di Plataran Menjangan, recommended banget buat kalian yang mau staycation bersama keluarga (kids friendly juga), honeymoon, atau me time sendirian, pasti sepulang dari sana fresh banget rasanya. For more info kamu bisa cek websitenya disini. Looking forward to stay at another Plataran resorts!


*Related post:
Cerita Febrian: Mau Ke Plataran Menjangan, Baca Ini Dulu


With love,
Agnes Oryza





*this is a sponsored post in collaboration with Plataran

No comments:

Post a Comment