Thursday, March 20, 2014

Tattoo 101

Get inked is a huge decision that I made. Menurutku membuat tattoo itu bukan sebuah perkara sepele atau mudah. Harus dipikirkan secara matang dan jangan asal, karena tattoo bersifat permanen, dan personal. Sebuah tattoo harus mempunyai arti bagi pemiliknya. Mungkin ada yang setuju dan ada yang enggak setuju about get inked, the choice is yours. If you want to get to know more about tattoos, read this post :)


Umur tattooku udah sebulan lebih, dan sebelum ditattoo aku sudah memikirkannya dengan sangat matang dan dari segala sisi. Aku hanya mau share apa aja sih yang harus dipikirkan sebelum ditattoo, bagaimana prosesnya, dan tattoo aftercare. Remember, get inked is permanent! Mungkin sekarang ada laser untuk menghapusnya tapi harganya mahal dan (katanya) sakit. Jadi lebih baik pikirkan secara matang before you get one!

source

Thinking about get inked?

  • Get permission. Paling penting pertama-tama kamu dapet ijin dari orang-orang terdekat kamu terutama orang tua. Kalau udah dapet ijin, baru deh pikirkan langkah selanjutnya.
  • Know what you want. Pastikan kamu tahu benar apa yang kamu inginkan. Tattoo tulisan, gambar, foto seseorang? Pikirkan baik-baik mengapa kamu menginginkannya? Alasannya apa? Apakah hal itu penting dalam hidup kamu? Pikirkan sesuatu yang kamu suka dan coba pikirkan 50 tahun kedepan. Do you still like your tattoo? Misalnya kamu pengin tattoo nama pacar kamu. Think about it. Apakah selanjutnya kalian pasti menikah? Nah sampai hal terkecil kayak gitu tuh harus dipikirin sebelum ditattoo. 
  • Placement. Penempatan tattoo itu penting, misalnya kamu kerja di kantor yang strict dan enggak boleh keliatan tattoan. Nah artinya bikin tattoo di bagian tubuh yang masih bisa tercover dengan mudah oleh baju. Pikirkan juga apakah kamu pengin tattoo itu untuk show off atau keep it to yourself, di tempat yang terlihat atau tertutup. Setiap bagian tubuh juga beda sakitnya waktu ditattoo, biasanya kulit yang lebih tipis lebih sakit.
  • Size. Size juga sama pentingnya. Untuk aku pribadi, aku enggak terlalu suka tattoo yang besar karena kalau di badan aku rasanya kurang elegan aja gitu. 
  • Reference. Cari referensi tattoo di internet, aku suka banget ke Tattoologist.
  • Tattoo studio fact-finding. Mulai cari-cari tattoo studio yang TERPERCAYA dan punya kredibilitas. Tattoo itu seperti investment, it last a lifetime dan pastinya enggak mau kan tattoo kamu setelah jadi malah enggak sesuai yang kamu inginkan atau malah infeksi. Lihat portfolio mereka, atau tanya rekomendasi temen kamu yang punya tattoo (atau banyak tattoo) karena biasanya mereka lebih pengalaman.
  • Test it. Ini tips personal dari aku. Kalau udah tau mau tattoo apa, letaknya dimana, ukurannya seperti apa, coba print atau pasang desainnya di tempat yang setiap hari kamu lihat misalnya ditempel di kaca kamar, wallpaper laptop, dll. Coba selama sebulan kamu lihat itu setiap hari, apakah lama-lama bosen, atau apa yang kamu rasakan? Kalau benar-benar mantab, go for it.


Before you get inked
  • Kontak tattoo studio yang sudah kamu cari tahu, tanya-tanya dan konsultasi dulu. Langkah ini penting untuk tahu apakah mereka menyanggupi membuat desain tattoo yang kamu inginkan, dan menentukan harga. Setelah cocok semuanya, tentukan jadwal kapan kamu akan datang ke studio untuk ditattoo.
  • Kalau aku pribadi lebih suka scrubbing atau luluran dulu sekitar 3 hari sebelumnya supaya di bagian yang akan ditattoo kulitnya enggak dakian dan sel-sel kulit mati mengelupas, karena nanti setelah ditattoo enggak boleh langsung scrubbing paling enggak sampai sebulan.
  • Sehari sebelum ditattoo, dilarang begadang, minum obat-obatan, dan alkohol karena darahnya jadi lebih cair dan pas ditattoo bisa keluar banyak darah. 
  • Tubuh harus dalam keadaan fit, karena tattoo itu kan seperti luka awalnya, jadi butuh energi dan tenaga untuk pemulihan.
  • Jangan tattoo saat menstruasi dan PMS karena bisa lebih sakit dan sensitif kulitnya.
  • Makan 1 jam sebelum proses tattoo karena kita butuh energi ketika prosesnya. Apalagi kalau kamu mau tattoo dengan size besar yang memakan waktu lebih lama, pastinya harus fit dan kenyang supaya enggak lemes dan pusing ditengah-tengah proses.



Process of get inked

  • Pakai baju yang nyaman dan enggak ketat di bagian yang akan ditattoo. Misalnya seperti aku akan ditattoo di lengan bagian dalam, ya pakai kaos nyaman yang menyerap keringat dan lengannya pendek. Tergantung tattoonya di bagian mana, misalnya di punggung kaki, berarti pakai sandal jangan sepatu.
  • Deg-degan sih biasanya kalau baru pertama bikin. Baru duduk di studionya aja udah bikin nervous, take your time, breath.
  • Biasanya pertama-tama design tattoo yang kamu inginkan akan di-tracing dulu menggunakan bolpoin di kertas, lalu dijiplak ke bagian tubuh yang diinginkan. Pastikan posisi, ukuran, dan bentuknya sudah pas sebelum jarum menyentuh kulit kamu. 


  • Studio tattoo yang baik akan menunjukkan jarum yang dipakai masih steril, baru, dan tersegel. Di baliknya juga ada tanggal expire yang bisa kamu cek. Langkah ini penting supaya nantinya kamu enggak terkena infeksi.


  • Kalau semua sudah oke, tattoo artist akan memulai proses tattoo. Buat aku ini deg-degan banget karena kata orang kan sakit banget, tapi pas ngerasain sendiri sih menurutku sakitnya masih bisa ditoleransi (katanya cewek lebih tahan sakit karena biasa menstruasi). Beda kalau sulam alis kayak digigit semut, kalau ini berasa kayak ditusuk-tusuk dengan sesuatu yang keras dan berat. Awalnya agak kaget tapi lama-lama aku bisa rileks. In my opinion lebih enggak nyaman keram menstruasi 3 hari daripada ditattoo 10 menit :p Untungnya tattooku enggak besar sizenya jadi prosesnya cuma 10 menit. Katanya lebih sakit proses tattoo yang besar karena mereka akan bikin outlinenya baru di-fill.


  • Done!! Ah lega banget... Awalnya pasti masih merah kayak gini... Tapi selama proses tattoo enggak ada tuh keluar darah (aku kira bakal berdarah-darah). Puas banget sama hasilnya, rapi sesuai yang aku inginkan.

  • Setelah selesai proses tattoo biasanya tattoo kamu akan ditutup dengan cling wrap untuk mencegah bakteri masuk. Ingat tattoo baru itu seperti luka yang terbuka jadi harus ekstra bersih. Plastiknya bisa dilepas 1 jam kemudian, atau tergantung saran dari tatto artistnya juga.




After you get inked

  • Usahakan antara studio tattoo dan tempat tinggal enggak terlalu jauh dan melelahkan karena setelah proses pasti agak panas dan nyut-nyutan rasanya. Kalau aku dengan posisi tattoo seperti itu sih masih bisa menyetir sendiri selama perjalanan.
  • Setelah 1 jam cling wrap bisa dilepas perlahan dan cuci tattoo dengan air bersih dan tidak terlalu panas untuk membersihkan sisa-sisa plasma darah, keringkan dengan tissue bersih.
  • Advice dari setiap tattoo artist beda-beda, jadi kalau aku sih selama 2 hari setelahnya benar-benar tidak kena sabun dan tidak dioleskan apa-apa. Mandi normal seperti biasa, tattoo masih bisa terkena air asal jangan terlalu panas dan tidak kena sabun.
  • Setelah 2 hari, mulai oleskan tattoo dengan ointment. Ada sih namanya Tattoo Goo tapi aku prefer untuk pakai Egyptian Magic Cream. Ointment dipakai supaya proses pengelupasan lebih bagus dan kulit tidak menjadi terlalu kering (tattoo lama-kelamaan akan mengeras seperti bekas luka dan mengelupas, kalau kulit terlalu kering bisa kurang bagus hasilnya). Oleskan ointment kapanpun kamu merasa kulitnya kering.
  • Selain pakai EMC bisa juga pakai pelembap pokoknya apapun yang tidak mengandung fragrance dan bahan-bahan seperti paraben dan alcohol. Perlakukan tattoo seperti luka yang masih terbuka, jadi apapun yang dioleskan di atasnya harus aman dan bersih, termasuk tangan juga harus higienis. Tidak disarankan untuk memakai Vaseline Petroleum Jelly karena mengandung petroleum yang bisa menghalangi masuknya air. Googling untuk cari tahu lebih detail apa aja yang boleh dan gak boleh.
  • Setelah tattoo kering dan mulai mengelupas, jangan dikopek!!
  • Biarkan sampai tattoo mengelupas seluruhnya, setelah itu kamu bisa switch ointment ke no fragrance body lotion. Kalau aku sih tetap pakai EMC untuk tattoo sampai minggu kedua dan lotion biasa di daerah tubuh lainnya. karena enggak punya no fragrance body lotion.
  • Kalau mau tanning, berjemur, sauna, dan olahraga yang menimbulkan keringat berlebih tunggu paling enggak minimal 2 minggu setelah ditattoo.
  • Pakai sunscreen untuk mencegah tattoo pudar apabila beraktifitas yang terekspos sinar matahari langsung.



Story behind my first tattoo
Jujur aku udah lamaaa banget pengin punya tattoo tapi enggak tau mau tattoo apa. Karena masih ragu yaudah as time goes by lama-lama aku tahu apa yang benar-benar penting buatku dan diabadikan dalam bentuk tattoo. Awalnya masih ganti-ganti, kepengin bentuk ini, tulisan itu, dsb. Sampai suatu saat ketika aku baca sebuah ayat di Alkitab, ayat itu benar-benar berarti buatku:

Ecclesiastes 3:11
"He hath made everything beautiful in His time: also he hath set the world in their heart, so that no man can find out the work that God make from the beginning to the end"

atau dalam Bahasa

Pengkotbah 3:11
"Ia membuat segala sesuatu indah pada waktu-Nya, bahkan ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir"


I feel like I have to remember this for my whole entire life. Ayat ini penting banget buat aku, penyemangat ketika sesuatu terjadi tidak sesuai harapanku, aku percaya Tuhan mempunyai rencana yang lebih indah pada waktu-Nya. Jadi tattoo ini merupakan sebuah reminder dan penyemangat untukku. Tattoo ini kalau aku lihat 50 tahun lagi pastinya masih menjadi sebuah reminder dan penyemangat, tidak berubah. 

Pemilihan letaknya aku ingin di lengan bagian dalam supaya aku tetap bisa melihatnya setiap saat tapi enggak over-exposed, masih bisa tercover oleh baju. Sizenya aku enggak mau terlalu besar karena tattoo kecil elegan menurutku. Untuk font juga aku pilih huruf sambung yang cantik. Lucky me keluargaku enggak ada yang melarang, malah papiku dukung banget dan dulu pernah ngajakin tapi beliau masih ragu. Pacarku juga enggak keberatan sama sekali. 


Tattoo studio recommendation:
LOGin Tattoo (Tattoo artist: Kimik),
Dago Asri IV no 4 Bandung
085860039576
pin 216883a6


Adminnya LOGin Tattoo, Mas Polo baik banget dan responnya cepet kalau di BBM. Selain itu studio tattoo ini direkomendasiin sama temenku yang tattoonya banyak jadi dia pengalaman dengan berbagai macam tattoo artist. Kimik, tattoo artist di LOGin Tattoo udah membuat beberapa tattoo seleb seperti Anggun C. Sasmi. Harganya untuk tulisan seperti yang aku buat berkisar antara 300-350an (min price untuk wording tattoonya segitu), ya semakin besar ukurannya semakin mahal. Untuk portfolionya bisa dicari di twitter atau FB LOGin Tattoo.



Hope this post help ya, thank you for reading!
xoxo

9 comments:

  1. bagus tatto nyaa nes :D aku pengen jg tapi belum berani haha
    thanks yah tips nya ^_^

    ReplyDelete
  2. waaw..tattoonya baguuuus! Nice verse choice too! :) Aku juga pengen tatoo dari lama banget, tapi masih pikir2 lagi soalnya aku bakat keloid..:(

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka banget sama ayat ini, Agnes! Bener-bener nguatin banget ya kalau kita lagi ngerasa down, hehe... Suka juga sama tattonya, keren! Xx

    ReplyDelete
  4. Iyaaa setuju banget, tattoo is such a personal thing. Wish my parents would let me have one hahahaha. LOVE your tattoo selection! Well inked (lol) !!

    ReplyDelete
  5. dari dulu aku pengeeeeeeen sekali tattoo, like since i was 13? tp mamaku sangat menentang tato, mungkin nanti2 kalo udah nginjak 20-an baru aku br coba minta permission. and yes, I DO agree that your tattoo should really be about something you're not going to regret forever. harus dipertimbangkan matang2 banget. what a lovely post & sharing, thanks for doing this ci ;) nice tattoo you have there!

    ReplyDelete
  6. Sayangnya di agama saya di larang ;)

    ReplyDelete
  7. It's a good thing that you consider those little things that matters before getting inked. Suka agak sebel sama orang yg bikin keputusan mendadak waktu bertattoo. Padahal kan bagus kalo the tattoo itself jadi self reminder :) Dari dulu pengen banger punya tattoo, tapi dilarang agama sin. Jadi harus puss sama yg temporary :D

    Much love,
    Dinda Nayaredhanty
    THE HIDDEN MOON.

    ReplyDelete
  8. I used to get myself inked before I started medical school. keren banget, waktu itu tattoo-nya dibuat di Bali, sama kenalan om aku yg profesinya emang tattoo artist. gambarnya Asclepius rod, lambang klasik tenaga medis, dan aku sengaja taruh di punggung biar nggak terlalu mencolok sehari-hari. I really love my tattoo, ada rencana sih mau bikin lagi, haven't made any decision yet.. :)

    ReplyDelete
  9. Yang keren dari tato kamu ini, penempatannya. Nice and sleek. Kalo saranku sih jangan banyak2 tatonya, ngeliat cewek kebanyakan tato jatohnya malah agak jorok. IMHO sih. :)

    ReplyDelete